Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Larry Bird, Si Legenda yang Super-Jahil

By Suryo Wahono - Selasa, 14 Oktober 2014 | 18:51 WIB
Larry Bird (Getty Images)

Selalu serius di atas lapangan dan selalu ingin menjadikan timnya kompetitif. Itulah kunci yang membawa Larry Bird menjadi legenda NBA. Namun, bila di luar arena, ia sangat jauh dari kesan serius.

Saat sedang tidak bertugas di lapangan, Bird dikenal sebagai sosok yang sangat jahil. Bahkan K.C Jones, mantan pelatihnya di Boston Celtics, pernah menjadi korban.

Itu terjadi dalam sebuah pertandingan NBA pada tahun 1984. Saat itu Jones sibuk menjelaskan strategi kepada para pemain Celtics. Semua mata tertuju pada papan putih yang dipegang sang pelatih. Ketika situasi sedang serius, tiba-tiba wajah semua pemain berubah. Mereka menahan tertawa sambil melihat ke arah Jones.

"Saya melihat ke bawah dan mendapati tali sepatu kanan dan kiri saya saling terikat. Larry Bird berada tepat di samping kaki saya dan tertawa," ujar Jones.

Pelatih Dallas Mavericks saat ini, Rick Carlisle, juga pernah merasakan kejahilan Bird. Ia mengalaminya ketika menjadi rookie di Celtics (1984).

Usai merampungkan latihan di gym, Bird memasukkan delapan pasang kaos kaki ke dalam tas Carlisle tanpa sepengetahuan yang empunya. Kemudian Bird melaporkan kepada Water Randall (penjaga gym) bahwa Carlisle telah mencuri kaos kaki.

Randall langsung menggeledah tas Carlisle dan mendapati delapan pasang kaos kaki di dalamnya.

"Dia mau memberitahu pelatih bahwa Rick telah mencuri dan kami tertawa terbahak-bahak," kata Randall.

Bird pensiun pada 1992 setelah mempersembahkan tiga gelar juara NBA untuk Celtics. Ia kini menjabat sebagai Presiden Indiana Pacers.