Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serba-Serbi Sepak Bola: Lampu Hijau Polda Jabar

By Eko Widodo - Rabu, 30 April 2014 | 16:20 WIB
(nunk)

Polda Jawa Barat siap memberikan pengamanan kepada suporter Persija Jakarta, Jakmania, dalam laga Persib kontra Persija, 8 Mei, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

“Kami sudah menyiapkan skenario pengamanan The Jakmania di Bandung sebagai tindak lanjut islah yang sudah dilakukan di Bogor,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Polisi Martinus Sitompul, Selasa (29/4).

Keputusan final bisa atau tidak The Jakmania datang ke Bandung bukan kewenangan pihak kepolisian lagi.
“Boleh atau tidaknya itu tergantung dari PT Liga. Kami siap saja mengamankan kehadiran The Jakmania di Bandung,” ujar Martinus.

Menurut Martinus, Polda Jabar sudah menerima permintaan terkait perizinan dari Polres Bandung dan saat ini sedang dalam proses.

Sementara itu, panpel Persib Bandung telah memproses izin pertandingan yang tertunda antara Persib vs Persija. Sesuai harapan Polda Jawa Barat, izin akan diberikan jika kedua suporter tersebut  sepakat mengakhiri pertikaian.

“Kalau Viking dan The Jak islah, pihak keamanan seperti mendapatkan jaminan jika laga yang digelar dapat berjalan aman, lancar, dan tertib,” kata Budi Bram Rachman, koordinator panpel Persib.

Diakui Bram, izin kepolisian sudah disampaikan beberapa minggu yang lalu. Hal itu untuk mempermudah pihak keamanan dalam mengkaji jalannya pertandingan kedua tim.

“Kami tinggal menunggu waktu dari polisi. Biasanya mereka menunggu perkembangan terakhir sebelum mengeluarkan izin,” jelas Bram.

Bram optimistis partai big match di Bandung ini terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Soal jumlah personel keamanan, sepertinya sama dengan pertandingan-pertandingan lainnya. Namun, ada bebera­pa sektor yang akan  diperketat pihak keaman­ an. Mudah-mudahan saja aman dan lancar,” ungkap Bram.

Sumber: Harian BOLA (Penulis: Erwin Snesz)