Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Waktunya Para Pilar Belanda Bersinar

By Suryo Wahono - Senin, 13 Oktober 2014 | 23:58 WIB
Arjen Robben (Getty Images)

Belanda tidak panik meski dalam posisi tertinggal. Faktor ini diakui Hiddink amat penting ketika mengalahkan Kazakstan dan bisa jadi bakal mereka butuhkan lagi saat bersua Islandia beberapa jam lagi.

Mereka juga dalam mode kepercayaan diri penuh untuk meraih tiket perdana ke Euro. Peluang mereka semakin besar dengan penambahan jumlah peserta di Prancis 2016. Dengan modal sepasang kemenangan, Islandia sudah dalam trek yang benar di puncak klasemen.

“Belum ada hasil apa pun. Kami memang menang di dua laga pertama, tapi masih tersisa delapan partai lagi. Penghuni grup ini sangat kuat. Peluang semua tim untuk memuncaki klasemen masih terbuka,” kata Lagerback.

Hiddink tentu berharap kali ini pilar reguler mereka seperti Robben, RvP, hingga Wesley Sneijder bisa lebih bersinar. Justru pilar pengganti macam Huntelaar dan Afellay, yang baru balik ke skuat Belanda, tampil memesona. 

Meski sempat menderita cedera, Afellay amat berpeluang kembali merumput sejak awal. Akan tetapi, situasinya tidak demikian dengan The Hunter, yang meski rataan golnya lebih baik dari RvP, harus puas di pos cadangan.

“Kaki masih sedikit sakit, tapi saya siap tampil melawan Islandia. Sekarang saya makin sadar arti penting menikmati latihan supaya tetap bugar,” ucap Afellay.