Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Akui Sulit Cari Bek Spanyol Berkualitas

By Verdi Hendrawan - Minggu, 12 Oktober 2014 | 22:00 WIB
Vicente Del Bosque (David Ramos/Getty Images)

Pelatih Vicente Del Bosque mengakui bahwa dirinya kesulitan untuk mendapatkan pemain berkualitas di lini belakang sebagai alternatif. Hal itu juga dikarenakan oleh kegemaran klub besar La Liga menggunakan pemain bertahan asing.

Del Bosque menyayangkan klub-klub seperti Real Madrid dan Barcelona lebih senang membeli dan menggunakan bek asing ketimbang bek Spanyol. Namun, klub-klub tersebut justru mengeluh saat disarankan untuk mengembangkan bakat muda asli Spanyol yang kini berdampak kepada sulitnya mencari bek tengah muda yang layak untuk berseragam La Roja.

Del Bosque saat ini memang masih memiliki Gerard Pique dan Sergio Ramos sebagai bek tengah berkualitas dalam beberapa tahun kedepan. Namun ketika keduanya harus absen, tidak ada pelapis yang sepadan.

"Beberapa orang mengeluh ketika saya mengatakan ada terlalu banyak pemain bertahan asing di Spanyol. Hal tersebut sangat benar bahwa saat ini sangat banyak sekali pemain bertahan asing di Real Madrid, Barcelona, Valencia... Ini adalah kenyataannya dan sulit untuk menemukan bek saat ini," kata Del Bosque kepada Marca.

Selain itu, Del Bosque menolak untuk angkat bicara mengenai rumor Gerard Pique yang tidak sepenuh hati membela Spanyol. Hal ini dikarenakan rencana Catalunya yang ingin memerdekakan diri pada November 2014 mendatang.

"Kami hanya tertarik pada urusan olah raga dan Pique tahu tentang hal itu. Dia bermain dengan penuh dedikasi dan melakukannya dengan perilaku yang baik," tambahnya.