Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Myanmar dan Laos Lolos Ke Piala AFF 2014

By Tulus Muliawan - Sabtu, 18 Oktober 2014 | 21:00 WIB
Pasukan Myanmar (merah), memastikan diri lolos ke putaran final AFF. (Hoang Dinh Nam/AFP/Getty Images)

Myanmar dan Laos berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala AFF 2014 yang akan berlangsung 22 November hingga 20 Desember di Singapura dan Vietnam. Kepastian itu didapat setelah kedua tim memenangi partai ketiga di babak kualifikasi, Sabtu (18/10).

Myanmar berhak tampil di putaran final setelah menundukkan Kamboja 1-0 lewat gol Kyaw Ko Ko. Sedangkan Laos menekuk Timor Leste 2-0 lewat gol dari Khochalern dan Vongchiengkham.

Sesuai aturan kompetisi, Piala AFF diikuti oleh delapan tim di Asia Tenggara. Enam tim terbaik dalam rangking FIFA lolos secara langsung, sedangkan dua tim lainnya dipilih melalui babak kualifikasi.

Kualifikasi Piala AFF tahun ini digelar di Laos mulai 12 hingga 20 Oktober. Lima tim akan berebut dua tiket lolos ke putaran final dengan sistem setengah kompetisi. Setiap tim akan menjalani empat laga.

Juara grup akan bergabung di Grup B bersama Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sedangkan runner-up akan masuk di Grup A bersama Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Penentuan siapa yang akan menjadi juara grup dan runner-up akan mempertemukan Myanmar dan Laos 20 Oktober mendatang. Grup A akan bermain di Vietnam, sedangkan Grup B akan tampil di Singapura.