Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perjalanan Jauh, Arema Refreshing dan Jacuzzi

By Aning Jati - Senin, 20 Oktober 2014 | 19:23 WIB
Gustavo Lopez dkk. latihan sambil penyegaran jelang laga kontra Persipura (21/10). (Iwan Setiawan)

Jayapura.

Tiba di tanah Papua, Minggu pagi (19/10), pada sore harinya pemain diberikan latihan ringan di lapangan Kodam 17 Cenderawasih, Jayapura.

Latihan yang berjalan 1,5 jam itu tergolong refreshing bagi pemain karena letak lapangan berada di dataran tinggi. Pemandangan di sekeliling cukup indah. Pantai dan perbukitan kota Jayapura terlihat jelas dari lapangan.

"Tujuannya untuk refreshing biar kaki anak-anak tidak kaku. Latihan juga pakai sepatu olah raga saja," kata pelatih Arema, Suharno.

Musim lalu, Arema juga melakukan refreshing di lapangan yang sama bersama pelatih Rahmad Darmawan. Hasilnya, Arema bisa menahan Persipura 1-1.

Setelah melakoni latihan, semua pemain diwajibkan mengikuti terapi air di hotel Aston Jayapura, tempat Arema menginap. Ada dua kolam berisi air panas dan dingin. Dalam hitungan 10 menit, pemain beberapa kali berpindah dari air hangat ke dingin atau sebaliknya.

"Biar otot pemain rileks. Terapi air atau jacuzzi seperti ini rutin kami lakukan setelah pertandingan atau perjalanan jauh," lanjut mantan pelatih Gresik United itu.

Arema akan meladeni Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (21/10).