Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Petr Cech: Lindungi Kepalamu, Courtois!

By Dwi Widijatmiko - Senin, 20 Oktober 2014 | 09:45 WIB
Thibaut Courtois bertabrakan dengan Alexis Sanchez. (Getty Images)

Bekas kiper nomor satu Chelsea, Petr Cech, pernah mengalami cedera kepala serius pada tahun 2006. Kini ia memberikan wejangan kepada penjaga gawang utama baru Chelsea, Thibaut Courtois.

Cech mengalami cedera setelah bertabrakan dengan pemain Reading, Stephen Hunt. Tengkoraknya retak dan sampai sekarang ia harus memakai pelindung kepala khusus.

Courtois juga mengalami cedera kepala setelah berbenturan dengan bintang Arsenal, Alexis Sanchez, dua pekan lalu. Cederanya tidak serius karena ia sudah bermain lagi saat Chelsea mengalahkan Crystal Palace 2-1, Sabtu (18/10).

Namun, Cech tetap khawatir Courtois suatu saat nanti mengalami hal yang sama dengan dirinya. Dia pun memberikan nasihat agar Courtois lebih memperhatikan kepalanya.

"Petr bilang kepada saya bahwa di Premier League, striker terkadang sengaja membenturkan badan atau kakinya ke kiper demi mendapatkan bola. Jadi, lebih baik lindungi kepalamu. Jatuh lebih cepat ke tanah dengan punggung atau bahu melindungi kepala. Ini sebuah tip yang bagus karena jika datang ke liga yang berbeda, Anda terkadang butuh melakukan sesuatu yang berbeda pula," kata Courtois kepada Dailymail.