Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

David Silva: Spanyol Tidak Perlu Diutak-atik!

By Tulus Muliawan - Sabtu, 18 Oktober 2014 | 17:15 WIB
David Silva, tak ingin Spanyol berubah. (Shaun Botterill/Getty Images)

Serentetan hasil kurang memuaskan yang didapat tim nasional Spanyol tahun ini membuat kaget banyak pihak. Maklum, Spanyol masih dianggap sebagai raja sepak bola dunia menyusul prestasi mengesankan yang mereka raih dalam lima tahun terakhir.

Meski banyak dikritik, sejumlah pemain menilai bahwa kondisi Spanyol baik-baik saja. David Silva misalnya, gelandang Manchester City itu enegaskan bahwa tidak ada yang perlu diubah dari gaya permainan Spanyol saat ini.

Menurut Silva, kalah dan menang adalah sebuah hal yang wajar dalam dunia sepak bola. Jadi, ia menilai bahwa serangkaian kekalahan yang dialami Spanyol tahun ini bukan sebuah masalah yang perlu dibesar-besarkan.

"Dengan gaya permainan seperti ini, kami mampu memenangi dua Piala Eropa dan satu Piala Dunia. Jadi, saya pikir tidak ada yang perlu diubah dengan gaya permainan kami," kata Silva.

Silva juga menyatakan bahwa kepergian Xabi Alonso dan Xavi Hernandez karena pensiun cukup memberikan pengaruh besar pada kondisi tim. Sehingga ia harus bermain dengan peran baru dalam skuat La Roja.

"Saya sangat merindukan kedua pemain itu. Kami selalu bersama baik di dalam maupun di luar lapangan. Mereka bukan hanya sekadar teman setim, tapi juga teman baik," ujar eks pemain Valencia itu.

Silva menyimpan harapan agar para pemain muda Spanyol bisa bermain lebih baik dengan mencontoh hal-hal positif dari para pemain senior. Dengan begitu, regenerasi di kubu Spanyol terus berlanjut.