Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Merio-Wijin,Stadium Tetap Tampil Menjanjikan

By Eko Widodo - Minggu, 12 Oktober 2014 | 05:58 WIB
Laga Stadium Jakarta kontra Pacific Caesar Surabaya. (NBL Indonesia)

Penampilan menjanjikan ditunjukkan Stadium Jakarta (1-0). Meski tidak diperkuat Merio Ferdiansyah yang cedera, Stadium tampil perkasa. Tim polesan Tri Adnyanaadi Lokatanaya Adiloka ini sukses menundukkan Pacific Caesar Surabaya (0-1), 80-69, di GOR Purna Krida Kerobokan, Badung, Bali, Sabtu (11/10).

Pertandingan ini adalah laga perdana bagi kedua tim pada penyisihan Grup B di pentas Speedy NBL Indonesia Preseason Tournament Mangupura Cup 2014.

Stadium mendapatkan empat pemain baru: Bayu Anggara, I Gusti Ngurah Teguh Putra Negara (Hangtuah Sumsel), Max Yanto (NSH GMC GSBC Jakarta), dan Wijaya Saputra (CLS Knights Surabaya). Dari keempat pemain tersebut, hanya Wijin (sapaan Wijaya Saputra) yang belum bisa tampil karena berkiprah di ajang Grand Final FIBA 3X3 World Tour di Jepang.

Walau berhasil mengamankan kemenangan, Stadium meraihnya tidak dengan mudah. Perlawanan ngotot Pacific, terutama pada kuarter terakhir, sempat membuat kubu Stadium ketar-ketir.

Sejak kuarter awal hingga ketiga, Stadium selalu unggul dengan margin lebih dari 10 angka. Bahkan, mereka sempat leading 18 poin ketika kuarter ketiga tersisa 2 menit. Memasuki kuarter keempat, Pacific baru memberi perlawanan sengit.

Lewat akurasi tembakan tiga angka, Pacific berhasil memperkecil defisit. Gege Nagata dkk bahkan mampu mengejar hingga hanya tertinggal 3 angka ketika laga menyisakan 4 menit 37 detik.

Tak mau terkejar, Stadium memperkuat defense untuk mematikan akurasi tembakan tiga angka lawan. Sambil mencuri angka lewat fast break mengandalkan kecepatan Bayu Anggara, Stadium pun mulai meninggalkan Pacific.

Bayu Anggara memimpin rekan-rekannya dengan koleksi 12 poin dan 5 rebound. Disusul oleh Randolp Ariestedes dan Rizki Amrullah masing-masing dengan tambahan 11 poin. Kontribusi penting juga diberikan oleh rekrutan anyar, Ngurah Teguh lewat sumbangan 10 poin.

Sementara itu, Gege Nagata memimpin perolehan angka bagi Pacific dengan menceploskan 14 poin. Tiga pemain lainnya, yakni Eko Sasmito, Dicky Satria Wibisono, dan Ikrar Muhammad, ikut menyumbang masing-masing 11 poin.

”Penampilan anak-anak masih jauh di bawah form seperti yang kami harapkan. Namun, kemenangan ini patut disyukuri, karena akan memberi dampak psikologis positif menghadapi laga-laga selanjutnya,” ujar Freddy Marcos Gorey, asisten pelatih Stadium.