Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Owi/Butet Tampil dengan Pasangan Baru

By Tulus Muliawan - Sabtu, 11 Oktober 2014 | 22:15 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, siap berganti pasangan. (PETER PARKS/AFP/Getty Images)

23 November mendatang. Dua pasangan ganda campuran Indonesia akan tampil dengan partner berbeda.

Pada ajang ini, Tontowi Ahmad yang biasa berpasangan dengan Liliyana Natsir akan tampil bersama Debby Susanto. Sedangkan Liliyana akan tampil dengan pasangan main Debby, Praveen Jordan.

Upaya ini dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan antarpemain sekaligus sebagai salah satu cara untuk transfer ilmu. Dengan cara ini, baik Tontowi maupun Liliyana bisa berbagi pengalaman dengan pasangan barunya.

"Tujuan awalnya adalah untuk refreshing saja, supaya tidak jenuh. Selain itu, pertukaran ini bermanfaat buat Tontowi, supaya dia lebih punya tanggung jawab dan bisa membimbing pemain yang lebih muda darinya, biasanya kan dia dibimbing sama Liliyana yang lebih senior,” ungkap Richard Mainaky, Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI.
 
“Praveen juga bisa banyak belajar dari Liliyana yang sudah banyak pengalaman, supaya dia merasakan bagaimana berpasangan dengan pemain sekelas Liliyana. Di latihan sih sudah sering gonta-ganti pasangan, tapi atmosfer di pertandingan kan berbeda,” kata Richard.

Selain kedua pasangan di atas, pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili juga rencananya akan dicoba untuk dipasangkan dengan pemain-pemain lain, namun pasangan ini tengah mengejar tiket BWF Super Series Finals 2014.