Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juventus Paling Sering Diberi Penalti? Tidak tuh!

By Suryo Wahono - Jumat, 10 Oktober 2014 | 18:32 WIB
Bomber Juventus asal Argentina, Carlos Tevez, saat mengeksekusi tendangan penalti dalam laga melawan AS Roma pada 5 Oktober 2014 (Getty Images)

Kontroversi kemenangan Juventus atas AS Roma pekan lalu rupanya masih berlanjut. Juve dituding sering diuntungkan oleh wasit Serie A dengan mendapat hadiah penalti lebih banyak dibandingkan klub lain.

Kepemimpinan wasit Gianluca Rocchi dalam laga panas tersebut memang dinilai cenderung berpihak pada Juve. Sang wasit memberikan tiga tendangan penalti meragukan, dua di antaranya dihadiahkan pada tuan rumah, dan tetap mengesahkan gol Leonardo Bonucci kendati Arturo Vidal dinilai terlibat dalam pergerakan bola dalam posisi offside (tepat di depan kiper Lukasz Skorupski, red.).

Kepemimpinan Rocchi sontak dicibir karena merusak keindahan pertandingan. Rudi Garcia, pelatih Roma yang diusir akibat memprotes keputusan wasit, berkomentar sinis dengan menyebut bahwa "kotak penalti di Turin memang lebih besar".

Kapten Roma, Francesco Totti, bahkan tak bisa menahan diri dengan mengatakan bahwa Juventus selalu menang dengan cara apapun, termasuk lewat bantuan wasit. "Saya selalu berkata bahwa Juventus semestinya bermain di liga mereka sendiri. Kami berlatih untuk menang, tapi hal-hal seperti ini selalu terjadi," ujar Totti kendati belakangan berlapang dada menerima kekalahan timnya.

Di sisi lain, kontroversi ini meniupkan isu lama betapa Juventus menerima lebih banyak hadiah penalti dibanding klub Liga Italia lainnya. Benarkah?

Well, ternyata tidak demikian bila melihat data situs Opta seperti yang dilansir Goal pada Jumat (10/10). Setidaknya bila jumlah penalti dihitung dari musim 2009/10 hingga akhir pekan lalu. Si Nyonya Besar ternyata cuma menerima 31 penalti alias jauh lebih sedikit dari 45 penalti yang diterima Napoli pada periode yang sama. Hanya, Juve memang menerima lebih sedikit hukuman penalti dibanding beberapa kontestan liga.

Bahkan, Roma ternyata menerima hadiah penalti paling banyak di Serie A pada musim 2009/10 dan 2010/11 dengan 11 serta 13 penalti. Pada musim-musim berikutnya, giliran Catania (11 penalti), Napoli (11), serta Fiorentina (12) yang berada di daftar teratas.

Berikut sejumlah data Opta yang dilansir Goal tersebut:

Statistik Penalti Serie A sejak 2009/10:

Klub	Menerima Penalti	Dihukum Penalti
Napoli	   45			  19
Milan	   44			  21
Roma	   42			  31
Fiorentina 37			  30
Cagliari   35			  30
Lazio	   35			  31
Udinese	   33			  43
Genoa	   32			  35
Juventus   31			  22
Inter	   30			  39
Parma	   27			  36
Chievo	   22			  30