Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cili Ingin Jaga Konsistensi Demi Copa America

By Indra Citra Sena - Kamis, 9 Oktober 2014 | 23:29 WIB
Tim nasional Cili. (Martin Bernetti/AFP)

Tim nasional Cili mencanangkan misi khusus dalam dua laga persahabatan versus Peru (10 Oktober) dan Bolivia (14 Oktober). La Roja alias Si Merah ingin menjadikan sepasang pertandingan itu sebagai ajang perbaikan performa tim.

Selepas Piala Dunia 2014, Cili terkesan mengalami penurunan dari segi kekompakan dan kemampuan menyarangkan gol. Pada dua laga persahabatan awal September silam, Alexis Sanchez dkk. hanya bisa bermain imbang tanpa gol dengan Meksiko serta menang tipis 1-0 atas Haiti.

Padahal, Cili di bawah arahan Jorge Sampaoli dikenal mempunyai daya serang dan ketajaman yang tinggi. Sejak Januari 2014 hingga Piala Dunia lalu, Cili sukses menorehkan 15 gol dari delapan pertandingan.

Grafik menurun Cili sudah tentu harus segera dihentikan. Gelandang Marcelo Diaz memperingatkan rekan-rekannya agar berbenah diri demi mengembalikan mentalitas bertanding yang mumpuni seperti saat berjuang di Piala Dunia 2014.

“Kami belum memperlihatkan permainan seperti biasanya di dua laga terdahulu. Kami harus bisa kembali menjadi tim yang kuat. Kini, kami akan berlatih keras guna memenangi duel kontra Peru dan Bolivia. Kemenangan berarti tambahan kepercayaan diri buat kami,” ujar Diaz seperti dilansir ESPN Deportes.

Peringatan Diaz bermakna dalam bagi Cili. Dia ingin segenap pemain menjaga konsistensi guna mempersiapkan diri menuju gelaran Copa America 2015, yang akan berlangsung pada 11 Juni hingga 4 Juli tahun depan. Di ajang ini, Cili menyandang status sebagai tuan rumah.

“Copa America boleh saja masih delapan bulan lagi. Namun, kami harus bersiap dari sekarang karena turnamen bakal digelar di negara kami,” ujar pemain FC Basel itu.

Skuat Cili

Kiper: Claudio Bravo (Barcelona), Johnny Herrera (Universidad de Chile), Diego Sanchez (Union Espanola)

Bek: Gonzalo Jara (Mainz 05), Gary Medel (Internazionale), Mauricio Isla (QPR), Eugenio Mena (Santos), Jose Rojas (Universidad de Chile), Enzo Roco (Elche)