Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol Chiellini Menangkan Italia atas Azerbaijan

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 11 Oktober 2014 | 04:19 WIB
Giorgio Chiellini (Maurizio Lagana/Getty Images)

1 atas Azerbaijan di pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu (11/10) dini hari WIB. Dua gol Italia dicetak oleh Giorgio Chiellini dan gol Azerbaijan juga dicetak melalui gol bunuh diri penggawa Juventus itu.

Bertanding di Renzo Barbera, Italia tampil menekan Azerbaijan sejak menit-menit awal pertandingan. Sayang, sepakan Claudio Marchisio di menit kelima masih melayang di atas mistar Azerbaijan kawalan Kamran Aghayev.

Begitu pula dengan dua peluang Leonardo Bonucci pada menit ke-32 dan 44' masih mampu dimentahkan oleh Aghayev.

Namun, perjuangan Italia akhirnya membuahkan hasil di penghujung babak pertama. Giorgio Chiellini sukses mencatatkan namanya di papan skor usai menyundul sepak pojok Ander Pirlo di menit ke-44.

Memasuki babak kedua, Italia terus tampil dominan. Namun, sejumlah peluang dari Simone Zaza dan Ciro Immobile juga belum mampu membuat Italia menggandakan keunggulan.

Pasukan Antonio Conte itu justru dikejutkan oleh Azerbaijan yang menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Berawal dari sepak pojok, Chiellini tanpa sengaja memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Kesalahan tersebut akhirnya dibayar lunas oleh Chiellini saat mencetak gol keduanya di menit ke-82. Bek Juventus itu sukses merobek jala Azerbaijan usai memanfaatkan umpan matang dari Sebastian Giovinco.

Kemenangan itu membuat Italia memuncaki klasemen Grup H dengan koleksi enam poin. Sementara Azerbaijan terpuruk di posisi buncit dengan nol poin.

Susunan Pemain:

Italia: Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Ranocchia, Leonardo Bonucci, Mattia De Sciglio, Claudio Marchisio, Alessandro Florenzi (Sebastian Giovinco 77'), Matteo Darmian (Antonio Candreva 81'), Andrea Pirlo (Alberto Aquilani 73'), Simone Zaza, Ciro Immobile.

Azerbaijan: Kamran Aghayev, Elnur Allahverdiyev, Badavi Guseinov, Ilkin Qirtimov (Rasim Ramaldanov 46'), Rashad Farhad Sadygov, Qara Qarayev, Araz Abdullayev, Dimitrij Nazarov, Rahid Amirquliev (Vugar Nadirov 86'), Rufat Dadasov (Javid Huseynov 59'), Rauf Aliyev.