Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Belanda Pecundangi 10 Pemain Kazakhstan

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 11 Oktober 2014 | 03:51 WIB
Robin van Persie

1 itu membuat De Oranje menduduki urutan kedua Grup A dengan raihan tiga poin.

Bertanding di Amsterdam Arena, Belanda langsung tampil menyerang sejak menit-menit awal pertandingan. Sejumlah usaha melalui Arjen Robben dan Robin van Persie menyulitkan lini belakang Kazakhstan.

Akan tetapi, Kazakhstan malah sukses unggul terlebih dahulu pada menit-17 melalui tendangan sudut. Renat Abdulin berhasil merobek gawang Belanda melalui sundulannya.

Empan menit berselang, Belanda nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tendangan datar van Persie masih belum menemui sasaran.

Sejumlah peluang yang dihadirkan Belanda belum mampu mengubah keadaan. Sehingga babak pertama diakhiri dengan skor 1-0 untuk Kazakhstan.

Memasuki 45 menit kedua, Belanda kian aggresif menggempur lini pertahanan tim tamu. Gregory Van der Wiel nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-54 namun sepakannya masih melebar.

Gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta di menit ke-62. Memanfaatkan umpan silang Ibrahim Afellay, Klaas Jan Huntelaar Huntelaar sukses mencetak gol dengan sundulannya.

Sial bagi Kazakhstan sebab mereka dipaksa bermain dengan 10 pemain usai Baurzhan Dzholchiev menerima kartu merah. Hal itu terjadi menyusul pelanggaran kerasnya kepada Affelay.

Unggul jumlah pemain membuat Belanda semakin di atas angin. Pada menit ke-82, mereka sukses menggandakan keunggulan melalui tendangan jarak jauh Affelay yang sebelumnya mengenai pemain Kazakhstan.

Gol ketiga Belanda akhirnya tercipta di menit ke-89. Wasit menunjuk titik putih usai Abdulin menjatuhkan Van Persie di kotak terlarang. Van Persie yang ditunjuk menjadi eskekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga membuat pertandingan di tutup dengan skor 3-1 untuk Belanda.