Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Casillas Merasa Masih Layak Menjadi Kiper La Roja

By Andrew Sihombing - Kamis, 16 Oktober 2014 | 09:53 WIB
Iker Casillas. (SAMUEL KUBANI/AFP/Getty Images)

Iker Casillas tengah berada dalam salah satu fase tersulit dalam perjalanan kariernya. Setelah beberapa kali mendapat cemoohan dari suporter Madrid pada musim ini, hal serupa kini dialaminya saat membela timnas Spanyol.

Casillas memang dijadikan kambing hitam kekalahan 1-2 yang dialami Spanyol dari Slovakia di laga Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016. Kesalahan penjaga gawang yang sudah memperkuat La Roja sejak tahun 2000 ini dalam mengantisipasi tendangan bebas Juraj Kucka dianggap berperan besar di balik kekalahan pertama timnas Spanyol dalam partai kualifikasi sejak Oktober 2006 (37 pertandingan).

Casillas, pria 33 tahun yang sudah mengantungi 158 caps dan merupakan kapten La Roja saat menjuarai Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2008 dan 2012 ini, kemudian dicadangkan dalam laga melawan Luksemburg. Kemampuan sang pengganti, David De Gea, mengamankan gawang dalam kemenangan 4-0 diyakini akan menjadi akhir kisah Casillas di timnas.

Namun, Casillas sendiri merasa masih bisa berkontribusi penting bagi timnas asuhan Vicente Del Bosque. "Saya bukan manusia abadi dan setiap pemain mesti tahu kapan waktunya pensiun dari timnas. Tapi, saat ini saya merasa baik-baik saja dan masih kuat untuk membawa timnas ke Piala Eropa di Prancis dan memenanginya walau hal terakhir ini tidak akan mudah karena banyak tim kuat yang punya keinginan serupa," ujar Casillas seperti dilansir Harian As.