Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Turnamen Zhuhai, Penggarapan Serius Pasar Tenis

By Eko Widodo - Selasa, 14 Oktober 2014 | 07:22 WIB
Peter Johnston, WTA Managing Director Asia Pacific. (Getty Images)

Asosiasi Petenis Perempuan Dunia (WTA) mengumumkan akan menambah satu turnamen lagi di tahun 2015. Nama turnamen itu adalah WTA Elite Trophy Zhuhai.

Turnamen mempertandingan tunggal dan ganda memperebutkan hadiah total $USD 2,15 juta (sekitar Rp 26,1 miliar). Turnamen akan digelar di Selatan Tiongkok selama lima tahun, 2015-2019.

Di nomor ganda, enam pasangan dibagi dalam dua grup, dimana di masing-masing grup berlaga menggunakan round robin. Juara dari masing-masing grup akan berlaga di final. Untuk tunggal putri, juara diganjar 700 angka peringkat WTA.

"Produk ini adalah baru yang merupakan kombinasi petenis hebat, stadion baru, dan lokasi yang indah di Zhuhai. Itulah formula mengapa event WTA Elite Trophy itu akan sukses," ucap Stacey Allaster, WTA Chairman dan CEO.

"Terima kasih atas komitmen dan kepedulian pemerintah Zhuhai, Huafa Group, dan Ace Pro Group-APG. Fans akan mendapatkan pengalaman mengesankan yang akan selalu dikenang. Pergelaran ini akan dinikmati di seluruh dunia lewat tayangan TV, digital, dan media sosial," tambah Stacey.

"Kami sudah tidak sabar menuju event di Zhuhai, di kota yang spektakuler itu," kata Peter Johnston, WTA Managing Director Asia Pacific. Johnston ditunjuk APG sebagai Direktur Turnamen. "Saya menjanjikan kehadiran petenis hebat sekaliber superstar WTA dan WTA Rising Stars," imbuh Johnston.

Zhuhai berlokasi di Selatan Tiongkok, yang dekat dengan Hong Kong dan Makao. Tahun lalu, kota ini menjadi kota yang paling nyaman ditinggali di Tiongkok versi Akademi Pelayanan Sosial Tiongkok.Penambahan event di Zhuhai ini merupakan strategi WTA untuk menggarap pertumbuhan dan pengembangan di wilayah Asia Pasifik. Setelah menyelenggarakan Beijing Open 2008, kerjasama dengan pemerintah Tiongkok dan WTA semakin erat. Fans yang meminati tenis meningkat dan terjadi penambahan sponsor tenis dari perusahaan-perusahaan Tiongkok. Pada tahun 2014, ada 17 turnamen WTA digelar di kawasan Asia Pasifik.

Turnamen di Zhuhai ini menggantikan Tournament of Champions dari kalender WTA 2015.