Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Trigol CR7 Meriahkan Pesta Gol Madrid atas Bilbao

By Ade Jayadireja - Senin, 6 Oktober 2014 | 04:05 WIB
Cristiano Ronaldo (Getty Images)

0 untuk tim tuan rumah.


Dengan dukungan penuh dari ribuan suporter yang memadati Santiago Bernabeu, Madrid tampil sangat dominan sejak menit awal babak pertama.  Sergio Ramos dkk. mencatatkan 61 persen penguasaan bola pada interval ini, sedangkan Bilbao hanya 39 persen.

Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan dua menit, gol cepat tercipta dari kepala Ronaldo. Winger Portugal itu berhasil menyelesaikan umpan silang dari Gareth Bale dengan sempurna.

Tertinggal satu gol, Bilbao coba lebih berani menyerang. Sebuah peluang tercipta melalui Iker Muniain di menit ke-23. Ia melepaskan tembakan yang mengarah tepat ke gawang Madrid, tapi bola masih bisa ditepis oleh Iker Casillas. Ini menjadi satu-satunya peluang emas yang dimiliki tim tamu di babak pertama.

Madrid kembali menekan. Ronaldo dua kali memperoleh peluang di depan gawang, tapi semuanya gagal menghasilkan gol lantaran tendangannya membentur bek Bilbao.

Serangan bertubi-tubi Madrid membuahkan gol kedua pada menit ke-41, juga melalui sundulan. Berawal dari situasi sepak pojok, Benzema menyambar bola dengan kepalanya yang kemudian tak dapat dihalau oleh kiper Iraizoz. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Usai turun minum, dominasi Madrid kembali terlihat. Lima menit babak kedua berjalan, tepatnya pada menit ke-55, Ronaldo memperlebar keunggulan menjadi 3-0 setelah memanfaatkan umpan tarik Bale di mulut gawang Bilbao.

El Real semakin tak terbendung. Menginjak menit ke-69, mereka menambah pundi-pundi gol berkat aksi Benzema. Striker timnas Prancis itu menaklukkan Iraizoz untuk kedua kalinya setelah mendapat sodoran umpan terobosan dari Ronaldo.

Unggul 4-0, Madrid sama sekali tak mengendurkan serangan. Berkali-kali pasukan Carlo Ancelotti menebar ancaman lewat kombinasi Bale dan Ronaldo.

Ronaldo dua kali mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol ketiganya dalam laga ini. Peluang pertama melalui sundulan masih bisa digagalkan kiper, begitu juga dengan tembakannya di dalam kotak penalti pada menit ke-80.

Satu menit sebelum waktu normal berakhir, Ronaldo akhirnya sukses mencatatkan hattrick setelah terjadi kemelut di depan gawang Bilbao. Bola hasil sepakan Pepe menyentuh CR7 sebelum masuk ke gawang.

Wasit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir. Madrid menang 5-0.

Dengan hasil ini, Madrid menggeser Atletico Madrid dari posisi keempat klasemen La Liga. Mereka mengantongi 15 poin dari tujuh pertandingan.