Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Samsul Arif Tak Terobsesi Jadi Top Scorer

By Aning Jati - Sabtu, 4 Oktober 2014 | 18:38 WIB
Samsul Arif (kanan) (Iwan Setiawan/Bolanews)

Dua gol Samsul Arif ke gawang Semen Padang sore tadi membuatnya menjadi top scorer sementara Arema Cronus. Total 12 gol sudah dilesakkannya dalam 1047 menit pertandingan.

Ini merupakan capaian yang luar biasa, karena striker asal Bojonegoro ini berhasil mengungguli dua striker tajam Singo Edan, Cristian Gonzales (10) dan Beto Goncalves (9) yang punya menit bermain 1565 dan 1644.

Tapi prestasi itu tidak membuat Samsul besar kepala. Justru dia tidak terobsesi jadi pencetak gol terbanyak. ”Yang penting saya dapat kesempatan bermain. Kalau ada kesempatan baru cetak gol. Tapi yang lebih penting lagi Arema bisa menang,” kata mantan striker Persela itu.

Dalam daftar topscorer sementara LSI, Samsul menempati urutan ketiga di bawah Emmanuel Kenmogne (22) dan Greg Nwokolo (14). Meski bukan yang teratas, Samsul bisa menunjukkan striker lokal Indonesia bisa bersaing dengan striker impor. Tak salah jika dia mulai akrab dengan seragam timnas senior Indonesia.

”Masuk timnas pasti jadi impian semua pemain. Tapi yang saya harapkan sekarang dapan kesempatan main lebih banyak saja,” lanjut pengidola legenda Juventus, Alessandro Del Piero ini.

Di Arema Cronus, Samsul memang beberapa kali jadi pemain cadangan karena tim pelatih Singo Edan sempat menggunakan formasi 4-4-2 atau 3-5-2. Jika hanya menggunakan dua striker, sudah pasti tempat itu diberikan kepada Cristian Gonzales dan Beto Goncalves.

Baru saat menggunakan tiga striker saat lawan Semen Padang sore tadi, Samsul masuk dalam starting eleven. Dari total 21 laga yang sudah dilakoni Arema, Samsul baru jadi starter sebanyak 9 kali. Sedangkan 10 kali dia masuk dari bangku cadangan.