Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Adrian Sutil: Semua Karena Cuaca Buruk!

By Tulus Muliawan - Minggu, 5 Oktober 2014 | 17:45 WIB
Adrian Sutil, salah satu korban GP Jepang. (Clive Mason/Getty Images)

Kecelakaan serius yang dialami Jules Bianchi di GP Jepang, Minggu (5/10) mengundang perhatian dari sesama pebalap. Salah satunya adalah Adrian Sutil, yang juga menjadi korban ganasnya cuaca di Sirkuit Suzuka.

Mobil yang dikemudikan Sutil terperosok ke sudut tikungan ketujuh pada lap 39, atau satu lap sebelum kecelakaan Bianchi terjadi. Kabarnya, kecelakaan ini terjadi pada titik yang sama.

Sutil menyebut buruknya cuaca di Sirkuit Suzuka menjadi penyebab utama kecelakaan. Menurut pebalap Sauber itu, hujan membuat lintasan semakin basah, ban menipis, dan jarak pandang semakin sempit.

"Saya berada dekat dengan Jules sebelum melintir dan menabrak dinding. Untungnya saya baik-baik saja. Tiba-tiba saya mendengar Jules mengalami masalah yang sama satu lap kemudian," kata Sutil.

Beberapa hari sebelum balapan digelar, Federasi otomotif internasional (FIA) sudah mewaspadai ancaman datangnya Topan Phanfone pada jalannya GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (5/10).

Badai tersebut sudah menghantam kawasan Samudra Pasifik beberapa hari terakhir ini dan diramalkan efeknya akan sampai ke Jepang pada hari balapan dengan menimbulkan angin kencang dan hujan deras.