Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Batal ke Myanmar, Martinus Novianto Fokus Kuliah

By Tulus Muliawan - Sabtu, 11 Oktober 2014 | 14:54 WIB
Martinus Novianto, jalani kuliah di UNY. (Gonang Susatyo)

19 yang gagal lolos seleksi ke Piala AFC U-19? Ada yang sudah mengikuti kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tapi ada yang masih berada di daerahnya meski tercatat sebagai mahasiswa di perguruan tinggi itu.

Striker Martinus Novianto Ardhi sendiri langsung mengikuti kuliah di UNY. Kebetulan dia menetap di Yogyakarta. Martinus yang dipanggil timnas U-19 yang berlaga di turnamen Cotif di Spanyol dan prepatory Piala AFF U-19 di Vitnam termasuk salah satu pemain yang diterima kuliah di UNY. Karena sistem e-learning belum dijalankan, Martinus mengikuti kuliah secara reguler.

“Setiap hari saya mengikuti kuliah reguler di UNY. Masuk pagi sampai siang. Sore hari saya menjalani latihan rutin. Meski tidak lolos seleksi, saya harus menjaga kondisi dan tetap mengasah kemampuan dengan latihan rutin,” ujar Martinus.

Menurutnya baru dia yang mengikuti kuliah secara reguler. Sesungguhnya masih ada Alqomar Tehupelasury, Yabes Roni Malaifani dan Eriyanto yang tidak masuk skuat U-19 tapi tercatat sebagai mahasiswa UNY.

Alqomar dan Eriyanto ikut bergabung dengan timnas U-19 yang ditangani Rudy Keltjes dan Rully Nere bersama Martinus. Sementara, Yabes sempat bertahan di timnas U-19 asuhan Indra Sjafri. Dirinya juga ikut tur uji coba ke Spanyol.