Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marc Marquez Pastikan Gelar Juara Dunia 2014

By Tulus Muliawan - Minggu, 12 Oktober 2014 | 12:40 WIB
Marc Marquez, juara dunia MotoGP 2014. (JAIME REINA/AFP/Getty Images)

Marc Marquez berhasil memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2014 setelah finis di posisi kedua di GP Jepang, Minggu (12/10). Kemenangan ini menempatkan Marquez di puncak klasemen pebalap dengan nilai 317 dan tak akan mampu dikejar pesaing terdekatnya, Dani Pedrosa.

Balapan di Sirkuit Motegi berlangsung cukup menarik. Andrea Dovizioso mengawali balapan dari posisi terdepan, namun Valentino Rossi mampu melesat cepat ke posisi pertama di awal lap pertama.

Jorge Lorenzo, yang mengawali balapan dari posisi kelima juga sukses menyodok ke posisi dua di belakang Rossi. Sedangkan Marc Marquez membayangi dari posisi keempat sejak balapan dimulai.

Rossi sempat memimpin hingga lap ke delapan. Namun Lorenzo mampu merebutnya di awal lap sembilan. Marquez pun perlahan-lahan mampu melesat ke posisi dua, menggeser Rossi.

Dovizioso harus rela kehilangan posisi empat setelah direbut Pedorsa pada laga ke-15. Posisi ini tak berubah hingga balapan berakhir. Lorenzo merebut kemenangan kedua musim ini setelah menang di Aragon dua pekan lalu.

Marquez memastikan diri menjadi juara dunia meski MotoGP musim ini masih menyisakan tiga seri lagi, yaitu di Sirkuit Phillip Island (Australia), Sepang (Malaysia), dan Valencia (Spanyol).

Pebalap 21 tahun itu berhasil mempertahankan gelar juara dunia yang ia raih tahun lalu. Sebelumnya, ia memastikan gelar juara dunia di seri terakhir GP Valencia.

Selebrasi kemenangan Marquez dihiasi aksi tiga samurai Jepang. Mereka menghampiri marquez di gravel dan memberi Marquez sebuah samurai. Dengan samurai tersebut, Marquez memutus tali pengikat balon dan menerbangkan balon berwarna emas ke udara.

Hasil Lengkap:

Pos Rider	        Tim
1   Jorge Lorenzo	Yamaha	 
2   Marc Marquez	Honda	 
3   Valentino Rossi	Yamaha	 
4   Daniel Pedrosa	Honda	 
5   Andrea Dovizioso	Ducati	 
6   Andrea Iannone	Pramac Racing	 
7   Stefan Bradl	LCR	 
8   Pol Espargaro	Tech 3	 
9   Bradley Smith	Tech 3	 
10  Alvaro Bautista	Gresini Racing 
11  Aleix Espargaro	Forward Racing 
12  Katsuyuki Nakasuga	Yamaha 
13  Hiroshi Aoyama	Aspar 
14  Nicky Hayden	Aspar 
15  Hector Barbera	Avintia Racing 
16  Scott Redding	Gresini Racing 
17  Alex de Angelis	Forward Racing	 
18  Michael Laverty	Paul Bird Motorsport 
19  Mike Di Meglio	Avintia Racing	 
20  Broc Parkes	        Paul Bird Motorsport 
-   Yonny Hernandez	Pramac Racing	 
-   Karel Abraham	Cardion AB Motoracing 
-   Danilo Petrucci	IodaRacing Project 
-   Cal Crutchlow	Ducati	Ducati