Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Paham Cara Menjinakkan Meriam Arsenal

By Jumat, 3 Oktober 2014 | 21:55 WIB
Jose Mourinho, tak pernah kalah dari Arsenal dalam 11 laga terakhir. (Julian Finney/Getty Images)

Rekor tandang Arsenal menghadapi tim lima besar EPL dalam rentang lima musim terakhir terbilang sangat buruk. Dalam total 20 duel, mereka kalah 16 kali!

Lantas, apa yang menyebabkan Arsenal sering kehilangan poin kala bersua pesaing langsung di jalur juara? Sebuah jawaban paling logis diungkapkan oleh eks pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, dalam buku biografinya yang berjudul My Autobiography.

Di halaman  188-189, Fergie menyebut bahwa Arsenal dari musim ke musim selalu bermain dengan filosofi yang sama. The Gunners senantiasa berusaha mendominasi penguasaan bola.

“Dalam beberapa tahun kemudian, kami mempelajari banyak hal tentang gaya bermain Arsenal. Arsene Wenger mempunyai semacam pola tertentu tentang bagaimana ia menilai pemain dan cara timnya bermain. Kita tidak perlu memenangi penguasaan bola kala bertanding dengan Arsenal. Kami cukup mencegat bola. Bayangi para pelari mereka, intersep operan, lalu lakukan serangan balik cepat,” tutur Ferguson.

Fenomena ini tak cuma disadari oleh Ferguson. Ahli strategi Chelsea, Jose Mourinho, tampak telah paham betul cara menjinakkan strategi Arsenal. Chelsea asuhan Mou tak pernah kalah dalam 11 perjumpaan terakhir dengan The Gunners di semua ajang! Perinciannya adalah enam kemenangan dan lima skor imbang.