Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fakta Menarik Pertemuan Inggris dengan San Marino

By Aning Jati - Rabu, 8 Oktober 2014 | 23:11 WIB
San Marino bisa jadi santapan bagi skuat Three Lions. (Andreas Solaro/Getty Images)

Inggris akan menjamu San Marino di Wembley Stadium pada Kamis (9/10) atau Jumat dini hari WIB di pertandingan kedua Kualifikasi Piala Eropa 2015 Grup E.

Bagi fan Three Lions, San Marino bisa jadi santapan empuk alias melakukan pesta gol. Hal itu dimungkinkan karena sejumlah alasan.

San Marino saat ini berada di posisi paling buncit di rangking FIFA dari negara kawasan Eropa. Rangking San Marino di FIFA per September 2014 adalah 53 (zona Eropa) atau 208 secara global.

Rangking 53 itu ada di bawah Malta (49), Liechtenstein (50), Kepulauan Faroe (51), dan Andorra (52).

Sejauh ini Telegraph mencatat San Marino sudah melakoni 123 pertandingan resmi internasional. Hasilnya, mereka hanya pernah menang satu kali dan imbang sebanyak tiga kali! Kemenangan 1-0 itu tercipta atas Liechtenstein pada 2004 dan hasil imbang masing-masing kala melawan Latvia, Liechtenstein, juga Turki.

Berikut fakta menarik lain soal San Marino, secara khusus terkait pertemuan mereka dengan Inggris.

20- Gol memasukkan dari 123 pertandingan internasional resmi
531- Gol kebobolan dari 123 pertandingan internasional resmi
4- Pertemuan resmi Inggris dan San Marino di ajang resmi
26- Gol memasukkan Inggris ke gawang San Marino dari empat catatan pertemuan
6,5- Rataan gol per pertandingan Inggris ke gawang San Marino
8,3 detik- Waktu yang dibutuhkan Davide Gualtieri (striker San Marino) untuk membobol gawang Inggris pada 17 November 1993. Gol Gualtieri jadi gol bersejarah karena mengukir rekor gol tercepat sepanjang sejarah Kualifikasi Piala Dunia.
4- Gol David Platt ke gawang San Marino pada pertemuan pertama dari catatan empat kali pertemuan kedua tim selama ini. Platt sebenarnya bisa melesakkan lima gol, namun satu peluang gol digagalkan setelah penaltinya diselamatkan kiper San Marino.