Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persebaya: Akhirnya, Gaji Lunas Akhir September

By Eko Widodo - Minggu, 14 September 2014 | 12:49 WIB
Ilustrasi, para pemain Persebaya tak lagai risau. (Erly Bahtiar/BOLA)

Pemain Persebaya mendapatkan angin segar setelah ada kepastian dari pihak manajemen terkait pembayaran tunggakan gaji. Kabar tersebut disampaikan Direktur Utama PT Mitra Muda Inti Berlian, yang menaungi Persebaya, Diar Kusuma Putra.

Dalam pesannya ke pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan, Diar menyatakan salah satu investor Persebaya telah menyanggupi untuk membayar gaji pemain sebelum Bajul Ijo kembali berkompetisi. “Seluruh tunggakan akan diselesaikan. Pastinya, pembayaran hak pemain dilakukan sebelum Persebaya tampil di babak 8 besar LSI 2014,” ucap Diar.

“Saat ini sudah lewat dari 10 September, yang menjadi waktu manajemen membayar gaji. Jadi, terhitung empat bulan gaji pemain belum dituntaskan,”     ungkap Rahmad.

Menanggapi hal itu, pemain mengaku senang. Pasalnya, tersendatnya gaji mereka ini membuat kas semakin tipis. Beberapa pemain bahkan sampai harus menguras uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan terakhir.

“Kami sangat memahami kesulitan manajemen dan kami sangat tahu proses pencairan dana dari pihak investor harus melalui tahapan yang relatif panjang dan rumit. Namun, kami berharap tidak terlalu lama karena kantung sudah semakin tipis,” ucap salah satu pemain pilar Persebaya yang tak mau disebutkan identitasnya.

Total utang manajemen Persebaya ke pemain yang harus dilunasi adalah Rp4,5 miliar. “Jika bulan September juga dihitung, total dana yang harus dibayarkan sebesar Rp6 miliar,” tutur Diar.

Namun, Diar tak menyebutkan secara pasti waktu pembayaran hak Muhammad Ilham cs. Ia hanya memberikan perkiraan waktu. “Kemungkinan minggu terakhir September ini sudah dibayarkan,” katanya.