Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jules Bianchi Dibantu Dokter Schumacher

By Oka Akhsan M. - Selasa, 7 Oktober 2014 | 15:50 WIB
Jules Bianchi, pebalap Marussia. (Jiri Krenek/isifa/Getty Images)

Pebalap Marussia, Jules Bianchi, yang menderita trauma kepala usai mengalami kecelakaan di GP Jepang, Minggu (5/10), akan dibantu oleh dokter yang juga menangani Michael Schumacher.

Ahli operasi ortopedi dan presiden FIA Institute, Profesor Gerard Saillant, telah terbang ke Jepang setelah diminta keluarga Bianchi untuk bertindak sebagai perantara antara pihak keluarga dan dokter yang menangani Bianchi.

Gerard Saillant merupakan penasehat dokter dan keluarga Schumacher setelah legenda Formula 1 itu mengalami kecelakaan saat berski di Prancis pada Desember tahun lalu.

Bianchi sudah dirawat di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Mie, Yokkaichi, Jepang, selama dua malam usai menjalani operasi otak selama tiga jam akibat menabrak kendaraan berat saat balapan basah di Suzuka.

Kepala Komunikasi FIA, Matteo Bonciani, mengatakan bahwa kondisi Bianchi masih kritis tapi stabil. Kabar tersebut disampaikan kepada media setelah mendapat persetujuan dari keluarga Bianchi.

Sementara itu, setelah melakukan investigasi Kepolisian Jepang memastikan tak akan menindak lanjuti kasus ini. Namun, FIA, direktur lomba Charlie Whiting, dan Marussia akan terus melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mencari penyebab pasti kecelakaan.