Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zoff: Totti adalah Pemain Nomor 10 Paling Lengkap

By Verdi Hendrawan - Minggu, 5 Oktober 2014 | 21:23 WIB
Francesco Totti, disebut Dino Zoff sebagai yang terbaik di Italia. (Laurence Griffiths/Getty Images)

Jelang pertandingan Juventus menghadapi Roma, Dino Zoff memuji Francesco Totti sebagai pemain terbaik sepak bola Italia dalam 25 tahun terakhir. Bahkan mantan pemain dan pelatih Bianconeri itu berkata Roberto Baggio dan Alessandro Del Piero dipandang tidak lebih baik kapten Giallorossi itu.

Totti yang pada pekan lalu baru genap berusia 38 tahun, masih mampu membawa Roma menjadi tim yang ditakuti di Serie A saat ini. Selain itu Totti pun berhasil menjadi pencetak gol tertua di ajang Liga Champion kala menghadapi Manchester City.

Hal ini membuat Zoff memberikan pujiannya kepada Totti sebagai penyerang dan pencetak gol terbaik di Italia dalam 25 tahun terakhir. Kemampuannya dalam mencetak gol pun dipandang sebagai perpaduan antara Baggio dengan Del Piero, atau mungkin juga pemain sehebat Michel Platini.

"Untuk membandingkan dirinya dengan orang-orang seperti Baggio, Del Piero dan Platini, sepenuhnya sangat masuk akal. Baggio, Del Piero, dan Totti adalah pemain terbaik Italia dalam 25 tahun terakhir," kata Zoff.

"Baggio adalah pencetak gol hebat dengan kemampuan luar biasa untuk mengelabuhi para pemain bertahan. Sedangkan Del Piero lebih kepada penendang terbaik."

"Totti adalah pemain nomor 10 paling lengkap di sepak bola Italia, karena ia memiliki kedua kemampuan tersebut dan menambahkannya dengan kekuatan fisik."

"Bisakah dia untuk dibandingkan dengan Platini? Totti memiliki segala yang diperlukan untuk dibandingkan dengan siapapun. Dia tidak memiliki banyak gelar yang pada saat ini selalu menjadi tujuan para pemain. Namun dari segi kualitas, teknik, dan fisik, Totti adalah Totti," ungkap Zoff.