Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Oranye Tumbang di Praha

By Tulus Muliawan - Rabu, 10 September 2014 | 03:47 WIB
Belanda dikalahkan Rep. Ceska (Getty Images)

2 melawan Republik Ceska di laga pertama kualifikasi Euro 2016 Grup A. Gol larut Vaclav Pilar membuat pasukan Guus Hiddink menuai hasil negatif di Generali Arena, Praha, Rabu (10/9) dini hari WIB.

Tampil dengan kekuatan terbaik, Belanda mendapatkan perlawanan hebat dari Rep. Ceska yang tampil dengan dukungan suporter tuan rumah. Di babak pertama pertandingan cenderung berimbang.

Kedua tim sama-sama mendapatkan cukup banyak peluang, namun tim tuan rumah lebih efektif dalam memaksimalkan peluang. Hasilnya adalah torehan gol yang dicetak Borek Dockal pada menit ke-22.

Gol tersebut tercipta setelah Dockal melepaskan tendangan voli kaki kiri tanpa sanggup diantisipasi kiper Jasper Cillessen. Dockal mencetak gol dengan memanfaatkan umpan yang dilepaskan David Lafata.

Setelah gol tersebut Belanda berusaha bangkit dan mencetak gol balasan. Akan tetapi, baiknya pertahanan Rep. Ceska dalam menggalang pertahanan membuat Tim Oranye tidak bisa mencetak gol hingga jeda.

Babak kedua

 Belanda akhirnya sanggup mencetak gol balasan 10 menit babak kedua berjalan. Memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Daley Blind, Stefan de Vrij menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sundulannya.

Setelah gol tersebut benar-benar mendominasi jalannya pertandingan. Akan tetapi, rapatnya barisan pertahanan Ceska membuat Tim Oranye kesulitan menciptakan gol kedua.

Malapetaka dialami Belanda sesaat sebelum pertandingan berakhir. Vaclav Pilar tampil sebagai pemain penentu kemenangan 2-1 Rep. Ceska di pertandingan ini.

Hasil pertandingan lain: