Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Finalis Ganda Putri 2013 Lolos ke Singapura

By Eko Widodo - Jumat, 12 September 2014 | 11:39 WIB
Pasangan Hsieh Su-Wei/Peng Shuai dan Ekaterina Makarova/Elena Vesnina ke Singapura. (Getty Images)

Wei/Peng Shuai dan Ekaterina Makarova/Elena Vesnina, resmi lolos ke BNP Paribas WTA Finals Singapore dipersembahkan oleh SC Global 17-26 Oktober di Singapore Sports Hub, Singapura.

Pasangan  Hsieh/Peng dan Makarova/Vesnina menyusul tandem Italia yang menempati peringkat pertama ganda putri dunia, Sara Errani dan Roberta Vinci. Masih ada lima pasangan lagi yang ditentukan oleh turnamen yang digelar di Asia seperti Toray Pan Pacific Open (Tokyo), Dongfeng Motor Wuhan Open (Tiongkok), China Open (Beijing, Tiongkok), dan Kremlin Cup (Moskow).

"Hsieh dan Peng tahu bagaimana bisa melangkah sampai level tertinggi. Gaya khas bermain mereka, menggunakan kedua tangan di kedua sisi, membuat lawan sakit kepala. Permainan mereka enak dilihat. Pasangan ini akan menghibur para penonton di Singapura," kata Legenda Tenis, Martina Navratilova.

Juara bertahan WTA Finals, Hsieh/Peng. menjadi pasangan nomor 1 dunia di awal tahun 2014 dan menjadi pasangan asal Asia pertama yang pernah menjadi nomor satu dunia. Pada tahun 2014, pasangan ini memenangi grand slam Roland Garros, BNP Paribas Open (Indian Wells), dan Qatar Total Open (di Doha). Saat mencapai final, pasangan ini memiliki rekor 12-0. Inilah penampilan kedua mereka di WTA Finals secara berurutan.

Sementara itu, pasangan Makarova/Vesnina, berpenampilan cemerlang di 2014. Makarova/Vesnina menjuarai grand slam AS Terbuka, runner-up di grand slam Australia Terbuka, dan Miami Open. Mereka mencapai babak perempat final di Dubai Duty Free Tennis Championships, BNP Paribas Open (Indian Wells), Internazionali BNL d’Italia (Roma), dan Rogers Cup (Montreal). Makarova/Vesnina ke WTA Finals juga untuk kedua kali secara berurutan. Mereka adalah runner-up di pergelaran tahun 2013.

WTA Finals 2014 akan menampilkan delapan petenis terbaik putri menggunakan sistem round robin. Sementara itu delapan pasangan terbaik ganda putri, akan berlaga menggunakan sistem single-elimination. Untuk data siapa saja delapan tunggal putri dan ganda putri terbaik itu sampai Senin 8 September lalu, silakan kunjungi website: www.wtatennis.com.

"Saya sangat senang bisa bermain di WTA Finals 2014 di Singapura. Dalam beberapa tahun belakangan, saya merasakan tenis menjadi lebih populer di Tiongkok. Ini untuk pertama kali event digelar di Asia dimana Singapura adalah kota yang sangat menarik. Tahun lalu, bersama pasangan saya (Hsieh Su-Wei), kami mendapatkan pengalaman yang menarik (dengan menjadi jura) dan banyak kenangan indah," kata Peng Shuai.

"Sangat menyenangkan berkompetisi bersama delapan pasangan ganda terbaik dunia pada WTA Finals 2014. Kami sangat beruntung lolos di tahun lalu. Untuk tahun ini, kami mencoba peruntungan baru di tempat yang baru. Para fans tenis akan mendapat tontonan menarik di WTA Finals 2014 ini. Kami siap memberikan yang terbaik," ungkap Vesnina dalam rilis WTA.