Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Atletico Madrid Takluk di Kandang Valencia

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 4 Oktober 2014 | 23:08 WIB
Gol bunuh diri Joao Miranda (kiri) yang sempat membuat Atletico terpuruk. (Manuel Queimadelos/Getty Images)

7. Kekalahan tersebut dikarenakan penampilan buruk Los Colchoneros di awal pertandingan kontra Valencia yang berakhir dengan skor 1-3.

Atletico secara mengejutkan tampil buruk di awal pertandingan. Di menit ke-6, Colchoneros sudah tertinggal berkat gol bunuh diri aneh Joao Miranda. Gol tersebut pun seakan menghancurkan mental bertanding tim.

Hal ini terbukti setelah satu menit kemudian, Valencia berhasil kembali mencetak gol. Gol kedua Los Che tercipta berkat akselerasi seorang diri Andre Gomes yang berhasil merangsek ke dalam kotak penalti dan mengelabuhi tiga bek Atletico sebelum menaklukkan kiper Miguel Moya dari sudut sempit.

Setelah tertinggal 0-2, Atletico yang tengah berusaha untuk bangkit, ternyata harus kembali menerima gol ketiga Valencia di menit ke-13. Tendangan penjuru Pablo Piatti berhasil ditanduk oleh Nicolas Otamendi yang membuat Estadio Mestalla kembali bergemuruh.

Namun pada menit ke-29, Atletico seakan memberikan isyarat bahwa mereka akan bisa mengejar ketertinggalan. Mario Mandzukic berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tendangan dari Tiago Mendes yang berhasil di bendung oleh Diego Alves.

Namun, Atletico ternyata gagal untuk meraih gol yang mereka butuhkan. Meskipun tim arahan Diego Simeone itu memiliki peluang melalui eksekusi tendangan penalti di menit ke-45+1 melalui Guilherme Siqueira dan satu gol yang dianulir wasit pada menit ke-90+3 melalui Alessio Cerci.

Hasil ini membuat Valencia berhasil memuncaki La Liga sementara dengan 17 poin karena Barcelona baru saja memulai pertandingannya menghadapi Rayo Vallecano. Sedangkan bagi Atletico, hasil ini membuat mereka terancam turun hingga posisi ke-6.