Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manquillo Akui Terbantu Bahasa Spanyol Rodgers

By Verdi Hendrawan - Rabu, 10 September 2014 | 23:09 WIB
Javier Manquillo (Andrew Powell/Getty Images)

Bek Javier Manquillo mengaku tidak memiliki kendala berarti dalam beradaptasi di Liverpool. Pasalnya banyak pemain yang bisa berbahasa Spanyol, termasuk sang manajer Brendan Rodgers.

Manquillo baru saja bergabung dengan Liverpool dari Atletico Madrid dengan status pinjaman selama dua musim. Namun, pemain berusia 20 tahun itu mengaku tidak bisa berbahasa Inggris.

Beruntung beberapa rekannya di Liverpool juga berasal dari Spanyol. Rodgers pun ternyata mampu berbahasa Spanyol dengan fasih, karena sempat menimba ilmu di negara Semenanjung Iberia itu sebagai calon manajer sepak bola.

"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan manajer di sini. Dia membantu kami semua dengan segala sesuatu yang dia bisa. Dia juga bisa berbicara bahasa Spanyol dengan lancar, sehingga mudah bagi kami untuk berkomunikasi," kata Manquillo kepada Daily Star.

"Saya punya beberapa rekan dari Spanyol di sini seperti Alberto Moreno, Suso, dan Jose Enrique, serta ada beberapa orang di dalam skuat yang bisa berbahasa Spanyol. Jadi benar-benar mudah bagi saya untuk beradaptasi di sini," lanjutnya.