Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

11 Pembelian Buruk Arsenal Sepanjang Masa - Bag.1

By Aning Jati - Sabtu, 4 Oktober 2014 | 20:21 WIB
Oleg Luzhny, Gervinho dan Francis Jeffers. (Getty Images.)

Arsene Wenger genap merayakan 18 tahun karier kepelatihannya bersama Arsenal pada tanggal 1 Oktober 2014. 1 Oktober 1996, Arsenal resmi menggaet Arsene Wenger dari Tokyo Grampus Eight untuk menggantikan Bruce Rioch.

Sejak Sir Alex Ferguson mundur maka Arsene Wenger menjadi manajer terlama di liga Inggris. Bila dipadankan dengan usia manusia, maka 18 tahun adalah identik dengan usia kedewasaan dan kemandirian.

Selama rentang waktu tersebut, Arsene Wenger telah memberikan 13 trofi kemenangan bagi Arsenal. Arsenal pun berevolusi menjadi tim yang memainkan pola permainan yang apik dan enak dilihat. Pergerakan bola dari kaki ke kaki dengan umpan pendek jadi kunci permainan indah Arsenal.

Pasang surut prestasi dan pemain pun datang silih berganti. Dennis Bergkamp, Marc Overmars, Thierry Henry dan Patrick Vieira adalah sederet nama pemain yang memberi kisah sukses dalam 18 tahun perjalanan karier Arsene Wenger bersama Arsenal. Jangan pula dilupakan Igor Stepanovs, Francis Jeffers, Andre Santos dan seterusnya. Para pemain yang masuk kategori kegagalan pembelian karena pemain tersebut tidak memberikan kontribusi sepadan bagi klub.

Inilah daftar 11 pemain yang merupakan pembelian terburuk Arsenal sepanjang masa dilansir dari situs The Independent :

1.  Kiper : Richard Wright, dibeli dari Ipswich pada tahun 2001.

2.  Bek : Oleg Luzhny, dibeli dari Dynamo Kyiv pada tahun 1999.

3.  Bek : Igors Stepanovs, dibeli dari Skonto Riga pada tahun 2000.

4.  Bek : Sebastien Squillaci, dibeli dari Sevilla pada tahun 2010.

(Bersambung)