Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final Underdog Tersaji di AS Terbuka

By Tulus Muliawan - Minggu, 7 September 2014 | 08:30 WIB
Kei Nishikori dan Marin Cilic, tampil di final. (Getty Images/Bolanews)

Kejutan terjadi di babak semifinal AS Terbuka 2014. Dua petenis unggulan dipaksa bertekuk lutut oleh petenis underdog. Sejarah baru siap terbuka di Flushing Meadows, Senin (8/9).

Kedua petenis yang dimaksud adalah Novak Djokovic dan Roger Federer. Djokovic dikalahkan petenis Jepang, Kei Nishikori. Sementara Federer menyerah dari wakil Kroasia, Marin Cilic.

Djokovic dibuat tak berdaya oleh Nishikori. Pertarungan yang berlangsung lima set itu berakhir dengan 6-4, 1-6, 7-6, 6-3. Nishikori juga mencatatkan diri sebagai petenis putra Asia pertama yang mampu lolos ke final grand slam.

"Saya tidak tahu apa yang sebenanrnya terjadi. Saya bermain tak seperti biasanya, apalagi ini adalah semifinal pertama saya di grand slam. Yang pasti saya sangat terkejut bisa lolos ke final," tutur petenis berusia 24 tahun tersebut.

Pada laga lainnya, Cilic sukses menghentikan laju Roger Federer dengan straight set 6-3, 6-4, 6-4. Ini juga menjadi final perdana buat Cilic, sekaligus menjadi final pertama sejak 2005 dimana tak ada satupun petenis empat besar dunia tampil di partai puncak.