Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Max Verstappen Berpeluang Debut di Jepang

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 20 September 2014 | 01:08 WIB
Max Verstappen (Mark Thompson/Getty Images)

Max Verstappen mungkin tak perlu menunggu hingga musim 2015 untuk melakoni debut di Formula 1. Toro Rosso berencana menurunkan pebalap berusia 16 tahun itu di sesi latihan bebas GP Jepang, awal Oktober mendatang.

Verstappen akan menjadi pebalap termuda di lomba jet darat pada 2015 setelah resmi bergabung dengan Toro Rosso. Pebalap berpaspor Belanda itu baru saja menyelesaikan tes resmi pertama bersama tim barunya di Adria, Italia, pada 10 September lalu.

Verstappen menggeber mobil Toro Rosso 2012, STR7, dan melahap 148 lap secara mulus untuk memenuhi persyaratan mendapatkan superlicence F1. Toro Rosso sudah mengajukan permohonan kepada Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) untuk memberikan superlicence kepada Verstappen.

Team principal Toro Rosso, Franz Tost, berharap Verstappen sudah mendapatkan superlicence dalam waktu dekat agar bisa beraksi di Suzuka.

"Semua ada di tangan FIA. Kita lihat saja nanti apakah Max bisa turun di Suzuka atau tidak. Kami mempersiapkan Max secara bertahap. Saya yakin ia adalah pebalap yang tepat buat kami untuk 2015," kata Tost.