Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Shinji Kagawa: Hatiku Tetap di Borussia Dortmund

By Suryo Wahono - Kamis, 18 September 2014 | 02:02 WIB
Shinji Kagawa, tahun kedua di United sangat sulit. (Getty Images)

Setelah kembali ke Bundesliga, Shinji Kagawa kini mengakui bahwa kehidupan di Manchester United ternyata "sangat sulit". Gelandang asal Jepang juga mengatakan bahwa hatinya selalu di Borussia Dortmund.

Tahun pertamanya di Old Trafford adalah tahun terakhir dari kepemimpinan Sir Alex Ferguson dan tahun kedua di bawah pelatih David Moyes. Selama di United dia telah mencetak enam gol dalam 38 pertandingan.

Kini, pemain berumur 25 tahun itu telah kembali ke Westfalenstadion dan menikmati bermain sepak bola lagi di bawah Jurgen Klopp. Menurut Kagawa, dia hanya mau meninggalkan United untuk satu klub saja.

"Keputusan saya jelas, saya ingin kembali ke Borussia Dortmund dan hanya untuk Borussia Dortmund," katanya seperti dikutip Team Talk.

"Saya ingin meraih sukses dengan klub ini lagi, dan tidak dengan yang lain."

Soal kenapa dia tak masuk rencana besar Louis van Gaal, Kagawa mengatakan, "Hanya fakta yang penting dalam sepak bola: statistik, gol, assist, titel, dan banyak yang hilang. Mungkin itulan mengapa mereka tidak lagi memasukkan saya dalam rencana."

"Semua orang tahu bahwa tahun kedua saya di Manchester United sangat sulit. Manajer tidak benar-benar mengandalkan saya, tim sedang terpuruk. Itu artinya saya sangat senang telah kembali (ke Dortmund). Hatiku memang tetap di Borussia Dortmund."