Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Brasil vs Kolombia: Untung Tak Digelar di Brasil

By Rizki Indra Sofa - Jumat, 5 September 2014 | 21:49 WIB
Dunga dan Tim Nasional Brasil (Getty Images)

Brasil punya lima jadwal partai uji coba sampai akhir 2014.  Semua laga itu digelar di luar rumah. Ada baiknya memang Brasil tak berlaga di depan publik sendiri dulu.

Setelah bencana masif di Piala Dunia Brasil 2014, skuat asuhan pelatih anyar, Dunga, ini rasanya belum perlu menerima tekanan tambahan dari fan di negeri sendiri. 

Dua laga terdekat yakni bersua Kolombia pada Jumat (5/9) atau Sabtu pagi WIB dan melawan Ekuador empat hari berselang. Kedua duel tadi mentas di Amerika Serikat. Sun Life Stadium di Florida menjadi lokasi duel vs James Rodriguez dkk.

Setelah itu mereka akan terbang sekitar 2.000 km buat menjalani laga kedua di Metlife Stadium, New Jersey.

Laga pertama memang mentas di Florida. Akan tetapi, negara bagian dengan jumlah kepadatan penduduk terbesar keempat di AS itu ditinggali sekitar 350 ribu warga Brasil. Jumlah itu jelas lebih dari cukup buat meme-nuhi kapasitas 20 ribu kursi di Sun Life Stadium. 

Reaksi fan Selecao jelas bakal tergantung apa yang mereka lihat di lapangan. Jika para pemain tak mampu menyingkirkan trauma dua bulan lalu, setelah kalah 1-7 dari Jerman di semifinal dan kalah 0-3 dari Belanda dalam perebutan peringkat ketiga, siap-siap saja para pemain ini menerima cemoohan.