Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Swiss vs Inggris: Shaqiri Ingin Curi Perhatian

By Theresia Simanjuntak - Senin, 8 September 2014 | 19:30 WIB
Xherdan Shaqiri (Stanley Chou/Getty Images)

2 atas Basel di Liga Champion 2011/12. Finalis LC 2010/11 itu tersingkir dari babak grup, sehingga kudu mentas di Liga Europa.

Pemain Basel yang paling mencuri perhatian di stadion St. Jakob-Park kala itu adalah Xherdan Shaqiri, pemberi dua assist bagi timnya. Dua bulan setelah momen perkenalan dirinya kepada sepak bola Eropa, Shaqiri dipinang Bayern Muenchen.

Sayap timnas Swiss ini berniat tebar pesona lagi ketika tim arahan Vladimir Petkovic dikunjungi Inggris, Senin (8/9). Upaya mencari perhatian bahkan sudah diperlihatkan Shaqiri dengan target pendukung dan manajemen Liverpool.

"Liverpool menawar saya sebelum PD, tapi Muenchen secara tegas menolak dan berkata kepada saya: kami tidak akan menjual Anda. Saya akan memikirkan masa depan saya di bursa transfer musim dingin," katanya, dikutip dari Sky Sports, Sabtu (6/9).

Pengakuan Shaqiri mengundang respons positif dari fan Liverpool yang berharap pria berusia 22 tahun itu mendarat di Anfield Januari 2015 mendatang. Video-video berjudul "Welcome to Liverpool Xherdan Shaqiri" banyak ditemukan di Youtube.

Cara yang oke untuk mempromosikan dirinya adalah bermain apik sekaligus menekuk Inggris di laga pembuka Kualifikasi Piala Eropa 2016. Si Messi dari Swiss punya potensi untuk membuat Wayne Rooney dkk. susah.

Shaqiri adalah pengatur irama permainan Swiss. Dia punya umpan akurat, dribel, dan kecepatan yang sanggup membuat pertahanan lawan kocar-kacir. Total tiga gol yang disarangkannya ke jala Honduras di PD 2014 adalah sedikit bukti.

“Inggris datang ke Swiss untuk kemenangan. Tapi, kami akan bermain seperti biasa. Kami juga mengincar kemenangan,” begitu peringatan The Magic Dwarf.