Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Emir Preldzic Ingin Tiap Hari Berulang Tahun

By Eko Widodo - Senin, 8 September 2014 | 15:51 WIB
Emir Preldzic saat berulang tahun ke-27 membuat dua 3pts penting. (FIBA)

27, Sabtu (6/9). Siapa sangka Preldzic membuat tembakan penentuan, Senin (8/9) yang mengantarkan Turki menang tipis 65-64 atas Australia di babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bola Basket 2014 di Palau St. Jordi, Barcelona.

Preldzic menembak dua tembakan bebas lantas ditambah tembakan tiga angka Ender Arsalan, saat mereka tertinggal 57-56 di kuarter keempat. Australia memimpin 64-59 ketika point guard Cavaliers, Matthew Dellavedova membuat angka saat laga tersisa 1 menit.

Preldzic membuat tembakan angka saat pertandingan tersisa 48 detik. Penembak yang bermain di Fenerbahce ini menipiskan ketinggalan menjadi 62-64. Pada position berikutnya, Australia terkena shot clock violation. Preldzic menembak lagi masuk tembakan 3 angka sehingga Turki leading 65-64 dan pertandingan tersisa lima detik.

Joe Ingles mendapatkan bola terakhir untuk Australia, namun gagal dimanfaatkan membuat angka. Dengan kemenangan ini, Turki akan menghadapi Lituania di babak perempat final.

"Saya ingin melakukan seperti ini di setiap ulang tahun," kata Preldzic kepada situs FIBA. "Tiada perasaan yang menyenangkan selain membawa tim ke babak berikutnya," ucap pria setinggi 205 cm ini.

Pujian diberikan pelatih Turki, Ergin Attaman. "Mereka bermain sangat baik. Kami bermain dan bekerja keras untuk menang. Sebelumnya, kami bermain sangat buruk," ucap Attaman.