Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Honda Mengaku Tak Nyaman Main di Kanan, tapi ...

By Jaka Sutisna - Sabtu, 5 April 2014 | 19:30 WIB
Keisuke Honda (Getty Images)

2-3-1. Masalahnya bermain di kanan bukan posisi idamannya. Lalu bagaimana solusinya?

Playmaker adalah peran favorit Honda. Namun, lakon tersebut sudah diperankan dengan baik oleh si anak hilang Ricky Kaka. Demi mengakomodasi Honda, Seedorf memeras otak.

Pelatih asal Belanda itu pun memutuskan menempatkannya sebagai gelandang sayap kanan atau bisa juga disebut penyerang sayap.

Gawatnya, pos tersebut bukan spesialisasi pria Jepang berusia 27 tahun tersebut. Di lain sisi, Seedorf memiliki keyakinan bahwa Honda mempunyai kemampuan untuk beroperasi di kanan dan terus memintanya untuk membiasakan diri dengan posisi baru tersebut.

"Saya sering berbicara dengan Seedorf. Bahasa Inggrisnya sangat baik sehingga mudah untuk memahami satu sama lain. Awalnya, saya tidak mengerti banyak hal, jadi saya memutuskan menemui dia di kamarnya untuk meminta penjelasan lebih detil soal taktik," Honda menuturkan.

"Mulanya saya tidak merasa nyaman bermain di kanan, tapi di tengah sudah ada Kaka dan dia bermain bagus di sana, jadi saya harus menemukan posisi lain," ujar Honda.

"Playmaker adalah spesialisasi saya karena saya suka bermain di belakang striker, tapi Seedorf mengatakan saya memiliki kualitas untuk bermain di kanan dan saya harus beradaptasi," ungkap Honda.

"Kami memiliki filosofi yang berbeda, tapi yang terpenting adalah terus berkomunikasi. Kami berbicara setiap hari," kata Honda kepada La Gazzetta dello Sport.