Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Tidak Akan Lakukan Perombakan Usai PD

By Verdi Hendrawan - Rabu, 3 September 2014 | 19:23 WIB
Vicente Del Bosque (JAVIER SORIANO/GETTY IMAGES)

Pelatih Vicente Del Bosque mengatakan bahwa dirinya tidak menyesal tentang apa yang terjadi kepada timnas Spanyol di Piala Dunia 2014. Pelatih berusia 63 tahun itu merasa semua pemain, pelatih, dan persiapan telah maksimal, jadi perombakan bukan lah hal yang bisa menjadi solusi.

Spanyol datang ke Brasil sebagai juara bertahan dan sebagai salah satu tim yang difavoritkan untuk menjadi juara. Namun, La Roja justru gugur di fase grup dan tersingkir oleh Belanda dan Cili.

Jelang pertandingan perdana setelah Piala Dunia 2014 menghadapi Prancis di laga persahabatan, Del Bosque mengaku tidak akan melakukan banyak perubahan dari segi pemain. Hal itu dikarenakan permasalahan yang ada di dalam tim La Roja bukan berasal dari beberapa pemain, namun datang dari seluruh tim.

"Tidak ada yang harus saya sesali. Kami telah bekerja dengan baik, tempat kami berlatih sangat baik, sikap para pemain sangat baik, tapi kami tidak berada pada level terbaik kami. Namun, saya tidak menyesalinya," kata Del Bosque kepada Mundo Deportivo.

"Secara keseluruhan, dari pemain hingga pelatih, saya berpikir bahwa jika kami berhasil menang, itu artinya kami telah melakukan hal yang benar. Jadi saya kira kami telah melakukan sesuatu yang salah, tapi itu semua datang dari diri kami sendiri, bukan dari pemain tertentu," lanjutnya.