Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Berikan Penghormatan Lagi pada Vilanova

By Verdi Hendrawan - Selasa, 16 September 2014 | 19:30 WIB
Tito Vilanova (JOSEP LAGO/GETTY IMAGES)

Barcelona sekali lagi memberikan penghormatan kepada mantan pelatih Tito Vilanova. Kali ini Blaugrana akan mengganti nama sebuah lapangan dengan nama mantan pemain, asisten pelatih, dan pelatih kepala mereka itu.

Para petinggi Barcelona telah menyetujui pada Senin, (15/9) waktu setempat klub bahwa akan mengganti satu nama lapangan mereka di komplek pelatihan Ciudad Deportiva de Sant Joan Despi. Lapangan di mana tim utama Barcelona berlatih akan berganti nama menjadi Tito Vilanova.

Hal ini sebagai penghormatan atas jasa Vilanova yang berhasil membawa Barcelona tetap menjadi tim yang solid setelah ditinggal Josep Guardiola. Hal ini juga dilakukan agar mendiang mantan pelatih itu dapat terus dikenang.

Vilanova berhasil membawa Barcelona tetap menjadi juara La Liga di musim 2012/13, meski sempat ditinggal berobat ke Amerika Serikat karena mengidap kanker tenggorokan. Asisten Jordi Roura yang menggantikannya pun kesulitan untuk mempertahankan kekuatan tim.

Di awal musim 2013/14 atau 19 Juli 2013, Tito pun memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan demi fokus menyembuhkan penyakitnya itu, namun hal tersebut ternyata tidak cukup. Setelah menjalani serangkaian pengobatan, pada 25 April 2014, nyawa Tito tidak dapat tertolong lagi dan meninggal pada usia 45 tahun.