Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menjamu Bilbao, Barcelona Gunakan Seragam Senyera

By Verdi Hendrawan - Jumat, 12 September 2014 | 02:22 WIB
Barcelona akan gunakan seragam kedua di Camp Nou. (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Barcelona akan memakai seragam Senyera ketika mereka akan menghadapi Athletic Bilbao meskipun bertindak sebagai tuan rumah di Camp Nou. Seragam Senyera adalah seragam tandang mereka berwarna kuning dan merah.

Ini akan menjadi kali pertama bagi Barcelona untuk menggunakan seragam kuning dan merah di stadion mereka sendiri dalam sejarah 115 tahun berdirinya klub. Warna seragam tersebut melambangkan bendera Catalan.

Pada saat yang sama, Bilbao akan bermain dengan seragam hijau, celana pendek putih, dan kaus kaki merah. Warna tersebut juga melambangkan bendera Basque Country yang bernama Ikurrina.

Ide untuk mengenakan seragam Senyera ini dicetus oleh Wakil Presiden Carles Villarubi yang diterima dengan baik oleh anggota klub dan Presiden Josep Maria Bartomeu. Hal ini dikarenakan bertepatan dengan Hari Nasional Catalan yang jatuh pada Kamis, (11/9).

Namun, pihak Barcelona dengan cepat menolak bahwa hal ini dilakukan bukan untuk mencampur aduk sepak bola dengan politik dan pernyataan tentang hal ini pun telah dikeluarkan.

"Seragam Senyera tidak hanya dipakai karena 11 September. Kami melakukannya untuk memperingati ulang tahun ke-300 jatuhnya Barcelona ke tangan pasukan Philip V dan Prancis pada tahun 1714," tulis pihak klub Barcelona.

Barcelona dan Bilbao pun telah berkonsultasi dengan pihak penyelenggara Liga (LFP) tentang hal ini dan tidak ada keberatan yang timbul bagi semua pihak.