Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah Beruntun, De Boer Sebut Pemain Ajax Amatir

By Indra Citra Sena - Selasa, 2 September 2014 | 13:05 WIB
Frank De Boer, kecewa dengan penampilan Ajax di dua pekan terakhir. (Getty Images)

2 dalam lawatan ke markas Groningen, Minggu (31/8). Meski turun dengan kekuatan penuh, De Godenzonen alias Anak-anak Dewa tetap tidak mampu membongkar pertahanan lawan.

Sebaliknya, Ajax justru harus kebobolan dua kali akibat terlalu banyak memberi ruang gerak bagi pemain Groningen, khususnya gelandang Tjaronn Chery. Sepasang gol tim tuan rumah yang disarangkan Eric Botteghin dan Michael de Leeuw tercipta berkat assist Chery. 

Pelatih Ajax, Frank De Boer, begitu kesal menyaksikan penampilan anak asuhnya. Dia menyebut Davy Klaassen dkk. bermain layaknya klub amatir karena hanya bisa membuat peluang tanpa menghasilkan angka buat tim.

“Saya jelas sangat marah melihat kami membiarkan lawan mencetak dua gol lewat cara yang hampir serupa. Saya terpaksa mengatakan bahwa kami bertanding seperti sebuah klub amatir,” kata De Boer seperti dilansir De Telegraaf.

“Terdapat banyak sekali kekurangan dalam tim. Kami tidak memiliki kreatifitas di lini tengah dan keropos di lini belakang. Kami harus segera berbenah diri. Musim baru saja dimulai. Kami wajib memperbaiki kekurangan untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” ujar pelatih berusia 44 tahun itu.

Kekalahan Ajax dari Groningen merupakan yang kedua secara beruntun dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya, klub asal ibukota Belanda itu dipermalukan PSV Eindhoven 1-3 di Amsterdam Arena pada Minggu (24/8).

Hasil ini membuat posisi Ajax melorot ke peringkat ketujuh di klasemen sementara Eredivisie 2014/15 dengan raihan dua menang dan dua kalah dalam empat laga. De Amsterdammers kini terpaut enam poin dari pemuncak klasemen, PSV.