Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Liga Austria ini Diskors 70 Pertandingan!

By Suryo Wahono - Jumat, 5 September 2014 | 01:40 WIB
Ilustrasi liga Austria. (Getty Images)

Satu lagi kasus skorsing yang sangat lama. Seorang pemain bola Austria membuat rekor baru: terkena skors larangan bermain di 70 pertandingan karena menanduk wasit saat pertandingan di divisi lima, Kamis (4/9).

Insiden berlangsung Sabtu (30/8) lalu saat pertandingan antara SK Rum vs SPG Innsbruck West di wilayah Tyrol, Austria barat.

Gelandang SK Rum, Ismail Gunduz menanduk wasit saat menerima kartu kuning kedua pada menit-86 sementara timnya tertinggal 3-2.

"Wasit harus masuk rumah sakit, bibirnya pecah, dan pertandingan terganggu," kata jubir federasi, Horst Scherl.

"Komisi disiplin memutuskan memberi skors 70 pertandingan. Semua pihak terkecuali pemain, yang membantah fakta-fakta, menyetujui kesengajaan tindakan tersebut," lanjutnya.

Selain skorsing, pemain berumur 26 tahun tersebut juga didenda oleh klubnya sebesar 257 euro.

"Kita telah meneliti dan sanksi terberat yang kami temukan adalah 46 pertandingan di Bavaria. Tapi sanksi bisa saja lebih berat: menurut statuta kami, seorang pemain bisa diganjar hingga 108 pertandingan," kata Scherl.

108 pertandingan? Kalau dalam satu musim, semisal, seorang pemain inti diturunkan di 37 pertandingan, artinya pemain itu harus absen berlaga sampai hampir tiga tahun.