Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Dilarang Belanja Pemain Hingga Juni 2015

By Tulus Muliawan - Rabu, 2 April 2014 | 18:00 WIB
Ilustrasi (AFP/Getty Images)

Barcelona mendapat hukuman dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) karena melakukan transfer internasional terhadap pemain di bawah usia 18 tahun. Akibatnya, raksasa La Liga itu dijatuhi hukuman berupa larangan transfer dari Juni 2014 hingga Juni 2015.

Hasil investigasi FIFA menemukuan bahwa Barcelona mendatangkan beberapa pemain di bawah umur dan memainkannya di kompetisi lokal dalam kurun waktu empat tahun sejak 2009 hingga 2013.

Berdasarkan peraturan FIFA, transfer pemain asing (internasional) di bawah umur diperbolehkan dengan beberapa syarat. Pertama, orang tua pemain pindah ke negara tempat klub berada dengan alasan pribadi (bukan terkait sepak bola).

Kedua, pemain berasal dari negara Uni Eropa dan berusia di atas 16 tahun, atau pemain yang tempat tinggalnya tidak lebih dari 50 km dari batas negara tempat klub berada.

Berdasarkan rilis yang disampaikan secara langsung oleh FIFA, Barcelona juga dikenakan denda sebesar 305.000 pound, atau sekitar 4,5 miliar rupiah.

FIFA juga menjatuhi hukuman yang sama terhadap Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) karena pelanggaran yang sama. RFEF terbukti melanggar salah satu aturan FIFA terkait izin penggunaan pemain internasional di bawah umur.

Akibatnya, RFEF mendapat denda sebesar 410 ribu euro atau setara dengan Rp5 miliar.