Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Basket NCAA: Sengit, Wisconsin ke Final Four

By Editor Eko Widodo - Senin, 31 Maret 2014 | 10:04 WIB
Pelatih Wisconsin, Bo Ryan (66 th), Final Four pertamanya. (Getty Images)

7) untuk ke babak final four. Di final regional Barat, Minggu (30/3), Wisconsin menang 64-63 lewat perpanjangan waktu di Honda Center, Anaheim, California atas unggulan pertama Arizona Wildcats (33-5).

Arizona memimpin tipis 28-25 di babak pertama. Pada babak kedua, berbalik Wisconsin memimpin dengan 29-26. Di perpanjangan waktu, Wisconsin menang dengan 10-9.

Inilah final pertama Wisconsin, anggota conference Big 10 sejak 2000. Wisconsin diuntungkan oleh offensice foul kontroversial dari guard Arizona, Nick Johnson saat pertandingan tersisa 4 detik.

Arizona bermasalah dengan menjaga center Wisconsin, Frank Kaminsky. Center setinggi 213 cm ini menjadi jawaban untuk setiap angka Arizona. Kaminsky, pemain tahun ketiga, mencetak 28 angka dan 11 rebound. Ia melesakkan 3 tembakan 3pts dan 11 rebound untuk Badgers.

Dari data statistik yang nyaris berimbang, Arizona gagak mengeksekusi 5 free throw (12-17), sedangkan Wisconsin hanya miss 2 free throw (10-12).

"Kami menginginkan gelar juara nasional sekarang," kata Kaminsky kepada ESPN. "Kami sudah kepalang tanggung di babak ini," tambahnya.

Bagi pelatih Wisconsin, Bo Ryan, 66 tahun, ini adalah final four pertamanya. Kemenangan itu adalah kemenangan ke 704 sepanjang karier. Ryan adalah penonton setia Final Four bersama sang ayah yang meninggal Agustus lalu.

"Hari ini adalah ulang tahun ayah ke-90. Saya hanya berharap kami berhasil di final four ini," kata Ryan. Kegembiraan Wisconsin dirayakan juga oleh quarterback Green Bay Packers, Aaron Rodgers di kamar ganti.

Pujian atas peran besar Kaminsky diberikan Nick Johnson, dari Arizona. "Big man itu memberikan peran besar di babak final. Ia mengalami kenaikan level," ucap Johnson.

Florida Gators dan Wisconsin Badgers akan berlaga di babak final four melawan Connecticut dan Kentucky.

Pembuat Angka Terbanyak
- Wisconsin Badgers: Frank Kaminsky 28 angka 11 rebound, Traevon Jackson 10 angka
- Arizona Wildcats: Nick Johnson 16 angka, Kaleb Tarczewski 12 angka, Aaron Gordon 8 angka 18 rebound