Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Basket NCAA:Florida Gators Hentikan Kejutan Dayton

By Editor Eko Widodo - Senin, 31 Maret 2014 | 10:00 WIB
Florida Gators juara di regional Selatan. (Getty Images)

2) masih tak tertahankan hingga babak Elite Eight di Turnamen NCAA 2014. Pada final regional Selatan, Minggu (30/3), Gators memetik kemenangan atas Dayton Flyers (26-11) dengan 62-52 di FedExForum, Memphis, Tennessee.

Florida mengontrol permainan Flyers di babak pertama dengan kemenangan 38-24. Babak kedua, Flyers gagal mengembalikan momentum mereka meski menang 28-24.

Mengontrol tempo permainan Dayton adalah kebijakan wajib yang diberikan pelatih Billy Donovan. Dayton adalah tim yang sangat efektif menggunakan transisi possesion untuk mencetak angka. Pada tiga sebelumnya di turnamen NCAA 2014, Flyers selalu berlari dan menembak yang mengantarkan mereka ke final regional Selatan ini.

Khusus pada laga final, Gators berhasil menjaga dengan baik transisi Flyers. Hasilnya menakjubkan sebab Flyers hanya mencetak 8 angka!

Florida mendapatkan kontribusi dari bintang utama Scottie Wilbekin. Wilbekin mencetak 23 angka pada kemenangan ini. Ia juga memberikan 3 tembakan 3 angka masuk, tiga steal, dan tiga assist.

Gators juga outrebound Flyers dengan 11 selisih rebound. Second chance Gators juga jauh. Florida menyelesaikan dengan 13 angka dari 2nd chance points, sementara Dayton hanya 1.

"Saya tak bisa menghilangkan rasa bangga ini," ucap Donovan, yangh disiram air Gatorade usai pertandingan di kamar ganti.

Dengan lolos ke final four, Florida akan menghadapi Wisconsin, yang tanpa terduga menumbangkan unggulan pertama regional Barat, Arizona dengan 64-63 lewat perpanjangan waktu.

Pembuat Angka Terbanyak
- Dayton Flyers: Dyshawn Pierre 18 angka, Devin Oliver 12 angka
- Florida Gators: Scottie Wilbekin 23 angka, Patric Young 12 angka, Michael Frazier II 10 angka.