Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persebaya Kembali ke Puncak Klasemen

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 29 Agustus 2014 | 17:53 WIB
Persebaya menang 3-1 atas Persepam Madura United (Suci Rahayu/Bolanews)

1 atas PMU di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (29/8).

Persebaya Surabaya sempat kehilangan posisi puncak klasemen sementara setelah Persipura Jayapura bermain imbang 1-1 melawan Mitra Kukar. Tim Bajul Ijo pun semakin berpeluang lolos ke babak delapan besar LSI 2014 dengan status pemuncak klasemen.

Persebaya membuka keunggulan atas Persepam Madura United pada menit ke-22. Emmanuel 'Pacho' Kenmogne mencetak gol dari titik penalti setelah Aditya Putra Dewa dianggap telah menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti. Itu adalah gol ke-21 Pacho.

Akan tetapi, PMU berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-30. Diego Fretes melepaskan tendangan keras terukur dari luar kotak penalti dan tidak sanggup diantisipasi kiper Ferry Rotinsulu. Kedudukan imbang bertahan hingga jeda.

Tim tuan rumah memperlihatkan kelayakan sebagai pemimpin klasemen sementara setelah mencetak dua gol tambahan di babak kedua. Kedua gol tersebut dicetak Greg Nwokolo.

Gol pertama Greg tercipta pada menit ke-79. Memanfaatkan umpan silang, Greg melepaskan tendangan akrobatik dari jarak dekat dan mengarah tepat ke gawang PMU tanpa sanggup dimentahkan kiper Firmansyah.

Kedua kedua Greg tercipta dari eksekusi tendangan bebas. Pada menit ke-87 ia memperlihatkan kepiawaiannya dalam melakukan eksekusi bola mati. Sepakannya yang terukur tak mampu ditepis Firmansyah.

Pasukan Rahmad Darmawan pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas Persepam. Persebaya pun kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 39 poin. Sementara itu, kekalahan tersebut membuat asa PMU untuk bisa masuk jajaran empat besar dan lolos ke babak delapan besar LSI semakin sulit.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Ferry Rotinsulu; Hasim Kipuw, Ricardo Salampessy, OK Jhon, Lestusen Manahati, Dedi Kusnandar, Alfin Tuasalamony, Isaac Pupo, M Ilham, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne.
Cadangan: Jendri Pitoy; Ambrizal, Vava Mario Yagalo, Hisyam Tolle, Zaenal Haq, Fandi Eko Utomo, Novri Setiawan.

Persepam Madura United: Firmansyah; Eduard Valuta, Fachrudin Wahyu, Firly Apriansyah, Denny Rumba, Aditya Putra Dewa, Busari, Slamet Nurcahyo, Rossi Noprihanis, Diego Fretes, Silvio Escobar.
Cadangan: Gerry Mandagi; Ade Suhendar, Khoirul Mashuda, Issac Djober, Tamo, Engkus Kuswaha, Irfan Mofu.