Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque: Casillas Kehilangan Kepercayaan Diri

By Verdi Hendrawan - Minggu, 7 September 2014 | 15:20 WIB
Iker Casillas (Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)

Vicente Del Bosque menjelaskan alasannya untuk memilih memainkan kiper David De Gea ketimbang Iker Casillas di laga kontra Prancis. Hal itu dikarenakan oleh kondisi kiper Real Madrid itu pada saat ini.

Casillas yang telah melewati masa-masa tersulit di dalam kariernya, ternyata masih berdampak pada penampilannya. Kiper berusia 33 tahun itu pun seakan belum pernah lagi tampil hebat di bawah gawang Real Madrid.

Moral dan kepercayaan diri Casillas pun semakin menurun akibat tekanan dari media dan fan Real Madrid, terlebih setelah kekalahan 2-4 Los Merengues atas Real Sociedad. Hal ini lah yang menjadi alasan utama Del Bosque memainkan De Gea yang juga sangat penting bagi masa depan timnas Spanyol.

"Iker menghabiskan satu setengah tahun dalam situasi yang canggung. Sungguh menyakitkan melihat dia kehilangan kepercayaan diri dari fan Madrid ketimbang dia tidak bermain," kata Del Bosque.

"De Gea adalah salah satu pilihan kami. Kami beruntung dengan perkembangannya dan demi masa depan tim nasional. Saya juga sering berpikir banyak mengenai Victor Valdes. Dia sudah sangat berkomitmen bagi tim nasional," lanjutnya.