Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Islandia vs Turki, Diguncang Isu Gunung Berapi

By Indra Citra Sena - Selasa, 9 September 2014 | 22:38 WIB
Fatih Terim (Turki). (Anadolu Agency)

Bintang ingin mengakhiri catatan kegagalan lolos ke babak utama turnamen besar sejak keikutsertaan di Piala Eropa 2008.

Demi merealisasikan kemenangan atas Islandia, Turki menjajal kemampuan tim asal kawasan Skandinavia lain, Denmark, di laga persahabatan pada tengah pekan lalu. Di pertandingan itu, Emre Belozoglu dkk. mampu tampil dominan dan menang tipis 2-1.

Pelatih Turki, Fatih Terim, menekankan kepada anak asuhnya untuk memperlihatkan determinasi yang sama saat melawat ke Reykjavik, Islandia. Dia menilai Islandia memiliki kekuatan yang tak jauh berbeda dengan Denmark.

“Hasil positif yang kami raih atas Denmark telah meningkatkan moral bertanding para pemain. Menghadapi Islandia, yang tak kalah kuat dengan Denmark, kami akan berusaha mencari kemenangan,” kata Terim seperti dilansir Today’s Zaman.

Namun, segala persiapan yang telah dilakukan Turki bisa terganggu isu penundaan jadwal pertandingan akibat kondisi alam di Islandia. Belakangan, beredar kabar bahwa UEFA bakal menggeser laga ke Maret 2015 lantaran aktivitas Gunung Berapi Bardarbunga di Islandia yang cenderung meningkat.

Kabar terakhir, UEFA memutuskan tetap menggelar pertandingan sesuai jadwal. Meski begitu, potensi penundaan tetap terbuka karena UEFA dan federasi sepak bola Turki (TFF) masih terus memantau perkembangan terkini di Islandia.