Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden KNVB: Kami Tak Akan Pilih Blatter

By Suryo Wahono - Selasa, 9 September 2014 | 22:30 WIB
Sepp Blatter, kian tak terbendung untuk jadi presiden FIFA lagi. (Getty Images)

Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengatakan pihaknya tak akan memberikan suara untuk Sepp Blatter di ajang pemilihan presiden FIFA yang akan datang. Blatter sendiri telah mengonfirmasi pencalonan dirinya untuk masa jabatan kelima sebagai presiden FIFA.

Presiden KNVB Michael van Praag menyatakan hal itu kepada wartawan, Senin (8/9), tetapi dia juga mengakui bahwa incumbent asal Swiss itu mungkin tak terbendung untuk mempertahankan posisinya saat ini.

"Saya menyadari hal ini di Brasil, bahkan setelah kami di Eropa telah berusaha membahas dampak Blatter pada nama baik FIFA," kata van Praag seperti dikutip Reuters.

Belanda sebelumnya jarang berseberangan dengan presiden berumur 78 tahun tersebut. Sepp Blatter mengambil alih kendali FIFA dari Joao Havelange sejak tahun 1998.

Pada Kongres FIFA di Brasil sebelum Piala Dunia, KNVB mengatakan bahwa Blatter harus pensiun karena dia banyak disalahkan atas turunnya reputasi badan sepak bola dunia itu.

Akan tetapi, Blatter sepertinya akan memperpanjang pemerintahannya sampai 2019, hingga melewati ulang tahunnya yang ke-83, mengingat Presiden UEFA, Michel Platini telah menegaskan pekan lalu bahwa dia undur diri dari bursa calon.

"Kami sangat menyesal bahwa Michel tidak meneruskan langkahnya. Dia satu-satunya yang bisa berdiri melawan Blatter," terang van Praag kepada wartawan.

"Sekarang jalan Blatter untuk kembali berkuasa menjadi terbuka dan itu tidak bagus untuk sepak bola. "